Salin Artikel

Dikritik Beli Mobil Dinas Baru Rp 2 Miliar, Gubernur Sumbar Minta Maaf dan Serahkan Kendaraan ke Satgas Covid-19

Selain itu, Mahyeldi juga menyerahkan mobil dinas baru itu untuk operasional penanganan Covid-19 ke Satgas Covid-19 Sumbar.

"Mencermati isu mobil dinas kepala daerah dalam dua hari ini, maka saya atas nama pribadi dan pemerintah terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf kepada kita semua karena telah menimbulkan keresahan dan jadi pembicaraan publik," kata Mahyeldi kepada wartawan, Kamis (19/8/2021) di Padang.

Mahyeldi menjelaskan, pembelian mobil dinas sudah dianggarkan sejak tahun 2020 sebelum dirinya terpilih menjadi Gubernur.

Penganggaran sudah sesuai prosedur dan mekanisme di pemerintahan.

Mantan Wali Kota Padang ini mengatakan, mobil dinas yang lama beberapa kali mengalami kerusakan teknis sehingga menghambat mobilisasi pelayanan ke daerah.

Maka untuk sementara waktu, dia dipinjamkan mobil oleh salah satu SKPD dengan harapan pelayanan kepada masyarakat tetap terlaksana.

"Mobil dinas baru yang disediakan oleh bagian rumah tangga sudah kita pakai sejak satu bulan yang lalu untuk kegiatan ke daerah yang di antaranya juga dalam rangka koordinasi penanggulangan Covid-19," kata Mahyeldi.

Alasan diserahkan ke Satgas Covid-19

Mahyeldi kemudian menyerahkan mobil dinas tersebut ke Satgas Covid-19 Sumbar.

Hal itu dilakukan guna mempertegas komitmen penanganan Covid-19 dan bukti kepeduliannya kepada masyarakat.

"Arahan dari Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf al Jufri, maka untuk sementara waktu saya akan menggunakan mobil pribadi untuk kebutuhan pelayanan kepada masyarakat," jelas Mahyeldi.

Kenapa Baru Sekarang

Anggota DPRD Sumbar Nofrizon mengapresiasi terkait penyerahan mobil dinas tersebut untuk penanganan Covid-19.

Hanya saja, politisi Partai Demokrat ini mempertanyakan kenapa Mahyeldi baru melakukan hal itu sekarang setelah dikritik.

"Kenapa sekarang setelah dikritik? Kenapa tidak sewaktu mobil itu datang diserahkan ke Satgas Covid-19? Namun demikian, saya tetap memberi apresiasi. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali," kata Nofrizon.

Nofrizon menyebutkan, Mahyeldi sudah mulai meniru keteladanan gubernur sebelumnya, Irwan Prayitno yang menggunakan mobil pribadi di tengah masyarakat kesusahan karena waktu itu usai dilanda gempa 30 September 2009.

"Mungkin beliau sudah meniru keteladanan Pak Irwan Prayitno. Kita apresiasi itu," kata Nofrizon.

Dengan Mahyeldi menyerahkan mobil dinas untuk penanganan Covid-19, masyarakat kini menunggu reaksi Wagub Audy Joinaldy untuk melakukan hal yang sama.

"Masyarakat pasti ingin Wagub Audy melakukan hal yang sama. Jadi, kita lihat saja lah," jelas Nofrizon.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat membeli mobil dinas baru di tengah pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran.

Dua mobil baru itu adalah Mitsubishi Pajero untuk Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Hyundai Palisade untuk Wagub Audy Joinaldy.

Gubernur Mahyeldi menjelaskan, pembelian mobil baru dilakukan karena mobil dinas yang lama sudah rusak.

"Mobil lama sudah rusak, rem blong, enggak mungkin itu dipakai," kata Mahyeldi kepada Kompas.com usai rapat paripurna DPRD Sumbar, Senin (16/8/2021).

Selain itu, kata dia, pengadaan mobil juga telah dianggarkan di APBD 2021.

Pembelian itu dikritik anggota DPRD Sumbar Nofrizon serta anggota DPR RI Andre Rosiade karena tidak memiliki sense of crisis di tengah pandemi Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/19/191916978/dikritik-beli-mobil-dinas-baru-rp-2-miliar-gubernur-sumbar-minta-maaf-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke