Salin Artikel

"Biaya PCR Masih Mahal, Seharga Tiket Pesawat..."

Harga itu sudah sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

Dibutuhkan waktu 6 jam untuk mengetahui hasil tes tersebut.

Meski demikian, seorang warga Kota Lhokseumawe bernama Mulyadi meminta agar Presiden Joko Widodo bisa menekan harga tes PCR.

“Kalau Rp 500.000 itu masih mahal. Sudah seharga tiket pesawat dari Lhokseumawe ke Medan. Jadi, kita harap presiden bisa tekan lebih murah lagi, bisa seharga tes rapid antigen seharga Rp 200.000,” kata Mulyadi kepada Kompas.com, Rabu (18/8/2021).

Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Darat Mayor CKM dr Arief Puguh menyebutkan, biaya tes itu hanya untuk masyarakat yang berpergian.

Sedangkan untuk upaya pemeriksaan lainnya, rumah sakit bekerja sama dengan polisi dan Dinas Kesehatan Lhokseumawe memberikan secara gratis.

Biaya pemeriksaan PCR untuk pasien Covid-19 juga gratis.

“Kalau tracing itu gratis, yang bayar itu hanya untuk masyarakat yang berpergian dan memerlukan hasil tes PCR,” kata Arief.

Dia menyebutkan, dalam sehari rumah sakit itu bisa memeriksa 70 sampel swab.

“Untuk Lhokseumawe dan Aceh Utara, hanya rumah sakit kita satu-satunya tempat tes PCR. Kami pastikan instruksi presiden dilanjutkan dengan instruksi KSAD sudah berjalan di rumah sakit ini,” kata Arief.


Menurut Arief, pelayanan pasien Covid-19 di Lhokseumawe masih terkendali.

Sebagian tes PCR dilakukan untuk kebutuhan rumah sakit rujukan yang memeriksa sampel pasien Covid-19, seperti Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara.

“Sehari bisa 70 sampel. Itu semuanya dari masyarakat umum maupun pasien yang ditangani rumah sakit rujukan. Jadi, bukan hanya yang kita tangani saja, rumah sakit lain juga bekerja sama dengan kita untuk memeriksa sampel dengan metode PCR,” kata Arief.

Dia mengimbau masyarakat Lhokseumawe tetap menjalankan protokol kesehatan, sehingga penyebaran virus Covid-19 bisa ditekan.

“Saya imbau patuhi protokol kesehatan, untuk diri sendiri dan untuk masyarakat di sekitar kita,” kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/172908278/biaya-pcr-masih-mahal-seharga-tiket-pesawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke