Salin Artikel

7 Pendaki Lolos Penyekatan Gunung Bawakaraeng, 2 Ditemukan Tewas

Mereka merupakan bagian dari tujuh orang yang lolos dari penyekatan larangan mendaki selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Kedua pendaki itu adalah Steven (20) dan Zainal (21). Tim SAR gabungan menemukan mereka pada Rabu (18/8/2021) 12.00 Wita.

"Ada dua jenazah yang kami temukan masing masing di pos 7 dan pos 5 serta empat orang yang selamat sementara dalam proses evakuasi dari gunung ke Puskesmas terdekat," kata Kepala Basarnas Sulawesi Selatan, Junaedi, melalui pesan singkat, Rabu.

Tim SAR menduga dua orang itu tewas karena hipotermia. Keempat pendaki lain yang ditemukan dalam keadaan selamat juga mengalami keadaan serupa.

Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Gowa AKP Mangatas Tambunan menyebutkan, Gunung Bawakaraeng sudah ditutup untuk pendaki sejak Sabtu (14/8/2021) hingga Selasa (17/8/2021).

Penutupan dilakukan karena ada penerapan PPKM level 4 di Gowa. 

Selain itu, ada laporan puncak Gunung Bawakaraeng mengalami cuaca ekstrem sehingga suhunya turun sampai 14 derajat celsius.

"Sejak awal kami melakukan razia dan memulangkan paksa ribuan pendaki yang hendak merayakan HUT Kemerdekaan RI di puncak gunung Bawakaraeng namun mereka ini lolos dari pantauan petugas gabungan," sebut Mangatas.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/172239178/7-pendaki-lolos-penyekatan-gunung-bawakaraeng-2-ditemukan-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke