Salin Artikel

Uniknya Upacara Bendera di Syou, Papua Barat, Digelar di Hutan Belantara dan Panjat Pohon Pisang

MANOKWARI,KOMPAS.com-Masyarakat Kampung Syou, Distrik Warmare, Manokwari,Papua Barat, menggelar upacara memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia di tengah hutan belantara, Selasa (17/8/2021) pagi.

Ada keunikan dalam upacara bendera ini. Sebuah pohon pisang raksasa setinggi 25 meter dipanjat oleh seorang warga untuk mengibarkan bendera merah putih.

Untuk sampai ke lokasi itu, warga harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer menyusuri hutan belantara.

Warga Kampung Syou Zeth Woggor mengatakan,upacara dan pengibaran bendera merupakan inisiatif warga kampung setempat untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 76.

"Kami sebagai warga Papua bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),"ujar Zeth usai upacara.

Danramil 1801-03/Warmare Lettu Inf Dany Purnomo mengungkapkan kebanggaan terhadap masyarakat Kampung Syou Distrik Warmare.

Meski mereka tinggal di daerah yang terisolir, tetapi sangat antusias merayakan HUT Ke-76 RI dengan mengibarkan bendera di pohon pisang raksasa setinggi 25 meter.

"Ini merupakan wujud nyata kecintaanya mereka terhadap negara kesatuan Republik Indonesia dan menghormati para pahlawan yang telah berjasa merebut kemerdekaan dari tangan penjajah zaman kala itu," ujar Dany Purnomo dalam keterangan rilisnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/17/144622978/uniknya-upacara-bendera-di-syou-papua-barat-digelar-di-hutan-belantara-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke