Salin Artikel

8 Veteran Berusia 90 Tahun Diangkut dengan Pikap karena Tak Punya Biaya ke Lokasi Pembagian Sembako

Para veteran tersebut dibawa ke Kantor LVRI Karawang untuk menghadiri acara pemberian bantuan sembako dan uang oleh Pemkab Karawang.

Ada 146 veteran yang hadir untuk mendapatkan bantuan.

Kepala Ranting LVRI Cabang Pangkalan, Kajang Sukandar menjelaskan, para veteran yang berusia rata-rata di atas 90 tahun itu diangkut dengan mobil bak terbuka karena keterbatasan biaya.

"Akhirnya pakai mobil yang ada aja, kebetulan adanya kol bak (mobil bak terbuka)," ujar Kajang, usai pemberian bantuan, Minggu.

Kajang mengatakan, meski diangkut dengan mobil yang ditutup dengan terpal biru tersebut, para veteran tetap antusias.

"Jadi, memang para veteran ini sudah biasa perjalanan jauh, apalagi dengan kondisi seperti ini," kata dia.

Pengantar makanan

Delapan veteran tersebur merupakan para prajurit yang saat masa penjajahan mengantarkan makanan untuk para pejuang Indonesia.

Tugas ini tak gampang. Sebab, tentara Belanda selalu lalu lalang melakukan pengawasan.

Karenanya, banyak pemuda usia belasan tahun yang menjadi pengantar makanan. Tujuannya untuk mengelabui tentara penjajah.


"Para pemuda yang umurnya belasan tahun itu direkrutlah agar tidak dicurigai. Dan pemuda dulu itu, kini ditetapkan sebagai anggota veteran," ujar Kajang.

Kajang berharap agar pemerintah tak hanya memberikan bantuan setahun sekali, tapi agar perekonomian para veteran diperhatikan. Begitu juga dengan keturunan mereka.

Bantuan sembako dan uang 

Pemkab Karawang melalui Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh menyerahkan bantuan sembako dan uang kadeudeuh (bentuk kasih sayang dan apresiasi) kepada 146 veteran.

Bantuan yang diberikan merupakan bagian dari HUT ke-60 Pramuka serta untuk meringankan beban akibat pandemi.

Aep memastikan ke depan hidup para veteran akan tetap diperhatikan Pemkab Karawang. Sebab, mereka telah memperjuangkan kemerdekaan.

"Salah satu wujudnya pemberian bantuan sosial dan kadeudeuh," kata Aep, melalui keterangan tertulis yang diterima. (Kontributor Karawang, Farida Farhan)

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/055000878/8-veteran-berusia-90-tahun-diangkut-dengan-pikap-karena-tak-punya-biaya-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke