Salin Artikel

Terima Tambahan 136.000 Dosis Vaksin, Pemkab Banyuwangi Kebut Vaksinasi Covid-19

Vaksin tersebut digunakan untuk dosis pertama dan kedua. Adapun vaksin merek Moderna digunakan sebagai dosis ketiga untuk tenaga kesehatan.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, tambahan vaksin ini untuk memacu percepatan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, vaksinasi diperlukan karena efektif dalam mencegah penularan dan mengurangi keparahan infeksi Covid-19.

”Secara bertahap kami telah menerima vaksin dari pusat dan provinsi. Akan langsung kita,” ujar Ipuk Fiestiandani, dalam keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021).

Data per 11 Agustus 2021, sebanyak 476.473 warga Banyuwangi telah divaksin dosis pertama, dan terus berlanjut termasuk untuk dosis dua.

Angka tersebut setara 35,5 persen dari total sasaran awal 1,34 juta jiwa warga di Banyuwangi. Untuk tingkat kabupaten, capaian persentase Banyuwangi merupakan yang tertinggi kedua di Jatim.

Untuk mempercepat proses vaksinasi, Pemkab Banyuwangi juga telah membuka pendaftaran relawan tim Satgas Kesehatan yang saat ini tengah proses rekrutmen.

Total dibuka rekrutmen untuk 130 tenaga kesehatan. Para relawan ini tugasnya membantu percepatan vaksinasi di puskesmas.

“Tambahan relawan tenaga kesehatan untuk percepatan vaksinasi ini nantinya akan door to door vaksinasi maupun di Puskesmas,” jelasnya.


Meski sudah divaksin, Ipuk mengajak warga tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

”Memakai masker, menjaga jarak, rajin membersihkan tangan, mengurangi mobilitas jika memang tidak perlu, adalah kontribusi kita untuk menekan penularan Covid-19," kata Ipuk.

Selain itu, Ipuk juga meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi penyandang disabilitas di Kantor Kecamatan Cluring. Sasarannya mencapai 90 warga. Mereka disuntik vaksin Sinopharm.

“Dinas Kesehatan telah menerima 185 vial vaksin Sinopharm, kami fokuskan untuk penyandang disabilitas,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Andriyani.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/13/105424878/terima-tambahan-136000-dosis-vaksin-pemkab-banyuwangi-kebut-vaksinasi-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke