Salin Artikel

Polda Jateng Janjikan Beasiswa untuk Ratusan Anak Yatim Piatu karena Covid-19

Program ini akan segera diluncurkan sebagai bentuk kepedulian dalam membantu anak yatim piatu yang kesulitan biaya pendidikan.

Polda Jawa Tengah mencatat setidaknya ada kurang lebih 333 anak menjadi yatim piatu akibat dampak Covid-19 dalam 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Data tersebut terverifikasi dari hasil kerja sama antara Polda Jawa Tengah dan instasi terkait.

Dari jumlah tersebut tercatat ada tiga daerah di Jawa Tengah terdapat anak yatim piatu  Covid-19 paling banyak yakni Kabupaten Sukoharjo sebanyak 33 anak, Kabupaten Klaten sebabyak 28 anak, dan Kabupaten Karanganyar sebanyak 26 anak.

Adapun daerah di Jawa Tengah yang nihil anak yatim piatu karena Covid-19 yaitu Kabupaten Pekalongan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan, dengan adanya program Aku Sedulurmu anak yatim piatu terdampak Covid-19 akan dibantu biaya pendidikan.

Bantuan biaya pendidikan itu diberikan dalam bentuk tabungan bagi anak yatim piatu mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di luar yang sudah ditanggung oleh pemerintah.


Selain biaya sekolah, tabungan pendidikan itu juga bisa dilergunakan untuk biaya lainnya yakni kebutuhan seragam dan sepatu maupun untuk les tambahan.

"Mereka akan menerima dalam bentuk tabungan pendidikan. Biaya tersebut dapat dimanfaatkan secara fleksibel untuk tambahan kebutuhan alat tulis, buku, biaya praktik dan lain sebagainya," jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (11/9/2021).

Iqbal mengatakan program Aku Sedulurmu rencananya akan diluncurkan pada Senin (16/8/2021).

Dalam acara tersebut, perwakilan anak yatim piatu beserta walinya akan diundang untuk menerima bantuan berupa tabungan pendidikan.

"Rencana hari Senin diluncurkan dengan mengundang para anak yatim piatu," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/11/210048578/polda-jateng-janjikan-beasiswa-untuk-ratusan-anak-yatim-piatu-karena-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke