Salin Artikel

Mal di Bandung Dibuka dan Akan Jadi Sentra Vaksinasi, Pengunjung Wajib Bawa Kartu Vaksin atau Hasil Tes Antigen

Hal itu dilakukan seiring dengan kembali diperbolehkannya pusat perbelanjaan beroperasi.

"Salah satu inovasi di Jabar yang akan dilakukan adalah membuat pusat vaksinasi di setiap shopping mall," kata Emil, sapaan akrabnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (10/8/2021).

"Kalau ada warga yang mau shopping dan belum vaksinasi, nanti bisa datang ke mal yang ada ruangan vaksinasi," lanjutnya. 

Masuk mal wajib tunjukkan kartu vaksin atau tes antigen

Emil menyatakan sesuai aturan baru pengunjung mal wajib memperlihatkan surat vaksin atau hasil tes antigen.

"PPKM ini perbedaannya mal dan pusat perbelanjaan boleh dibuka. Yaitu 25 persen dengan menyertakan surat vaksin atau surat antigen bagi mereka yang belum bisa divaksin atau yang baru sembuh," kata Emil.

"Jadi malnya buka sesuai harapan, tapi dibantu ada peningkatan vaksinasi. Ini akan di follow up oleh Pak Sekda dalam satu dua hari di mal tertentu yang akan kita kondisikan," tutur Emil.

Hanya kafe dan resto yang punya outdoor yang boleh makan di tempat

Sementara untuk kafe dan restoran yang memiliki tempat outdoor diizinkan beroperasi dengan kapasitas 25 persen dan maksimal makan di tempat selama 20 menit.

"Kafe dan resto yang punya outdoor diizinkan buka dengan makan maksimal 20 menit. Kafe restoran yang tertutup harus take away," kata Emil. 

"Kalau punya outdoor, kapasitas 25 persen makan 20-30 menit. Jadi belum 100 persen kafe resto indoor," ujar Emil.


Pantau kepatuhan warga terhadap prokes

Menyikapi hal itu, Emil menugaskan anggota TNI dan Polri bersama Satpol PP untuk siaga dan menjaga kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan.

"Kelonggaran aktivitas diikuti peningkatan kasus, kami sudah menugaskan TNI Polri dan Satpol PP untuk siaga," ujar Emil.

"Kami jaga momentum kedisiplinan ini, kita narasikan bahwa kasus delta ini sedang menyerang Amerika, Vietnam, Thailand, jangan sampai kita diserang lagi. Kita monitor naik turunnya," jelasnya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/10/173919578/mal-di-bandung-dibuka-dan-akan-jadi-sentra-vaksinasi-pengunjung-wajib-bawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke