Salin Artikel

Seorang Mahasiswi Tiba-tiba Lumpuh, Bupati Aceh Barat: Bukan akibat Vaksinasi

Namun, Bupati Aceh Barat Ramli MS menegaskan bahwa kelumpuhan yang dialami mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh itu tidak terkait dengan vaksin Covid-19.

"Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Aceh Barat, peristiwa yang dialami oleh Amelia Wulandari ini tidak terkait vaksin. Mungkin karena faktor penyakit lain," kata Ramli MS seperti dikutip dari Antara, Senin (9/8/2021).

Ramli bersama Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda dan Komandan Kodim 0105 Aceh Barat Letkol Inf Dimar Bahtera, datang membesuk Amelia di RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh.

Menurut Ramli, hasil investigasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Aceh Barat juga memperlihatkan bahwa sebelum proses penyuntikan vaksin Sinovac, petugas medis sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan menyatakan bahwa Amelia dalam kondisi sehat, sehingga layak menerima vaksinasi.

Ia juga menegaskan bahwa proses penyuntikan vaksin kepada Amelia tanpa paksaan, tetapi dilakukan sesuai prosedur dan permintaan sendiri dari pasien.

Ramli mengatakan, sebelum mengalami kelumpuhan, Amelia diketahui memiliki beberapa penyakit seperti penyakit asam lambung, tifus, dan keluhan sakit lainnya.

Namun, agar lebih memastikan kondisi sebenarnya, Amelia sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Soal biaya pengobatan Amelia Wulandari juga sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat," kata Ramli.

Ramli juga menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 aman bagi masyarakat.

Sebelum menerima vaksin, masyarakat juga harus melalui proses skrining, sehingga dinyatakan layak dan bisa disuntik vaksin.

"Yang dipikirkan oleh pemerintah saat ini bagaimana agar masyarakat sehat dan tidak terpapar virus corona. Tidak ada negara yang mau melihat rakyatnya menderita. Pemerintah ingin agar masyarakat sehat dan terhindar dari pandemi Covid-19," kata Ramli.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/10/113746178/seorang-mahasiswi-tiba-tiba-lumpuh-bupati-aceh-barat-bukan-akibat-vaksinasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke