Salin Artikel

Tabung Gas Bocor, Mes Perusahaan Kelapa Sawit Ludes Terbakar

Camat Tulin Onsoi Kristo mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (8/8/2021) sekitar 13.00 Wita.

Lokasi mes perusahaan yang berada di ladang sawit dan berjarak sekitar 10 kilometer dari permukiman penduduk membuat api tidak bisa cepat dijinakkan.

"Lokasinya cukup jauh dari penduduk, sekitar satu jam naik mobil. Petugas pemadam perusahaan juga terlambat datang, angin kencang dan cuaca yang panas turut menjadi faktor mengapa mes yang terbuat dari papan tersebut musnah semua," ujarnya saat dihubungi, Senin (9/8/2021).

Dari sejumlah keterangan yang diperoleh pihak Kecamatan Tulin Onsoi, api diduga berasal dari kompor gas yang bocor, kemudian meledak dan menyebabkan kebakaran dapur.

"Kobaran api kemudian melahap barak karyawan yang terbuat dari material kayu," kata Kristo.

Kapolsek Sebuku Iptu Siswandoyo mengungkapkan, peristiwa bermula saat salah satu penghuni base camp Tirta Madu 1 Afdeling 1 Rayon A bernama Yuliana Rafu hendak menanak nasi.

Saat menyalakan kompor gas, terjadi kebocoran dari saluran selang penghubung yang menyebabkan gas seketika menyambar dan api langsung membesar.

"Yuliana keluar berteriak minta tolong, tapi karena bangunan seluruhnya terbuat dari papan, ditambah cuaca panas dan angin kencang, api cepat sekali menyebar," imbuhnya.

Lokasi base camp yang berada di tengah hutan sawit membuat para penghuni mes hanya bisa berupaya memadamkan api seadanya.

Sayangnya, upaya mereka tidak membuahkan hasil.


Api yang berasal dari elpiji 5,5 kilogram ini terus membesar dan merambat ke semua bangunan tempat tinggal sekitar 60 buruh kelapa sawit tersebut.

"Api membakar sekitar dua jam lamanya, tidak ada korban jiwa atau korban luka luka atas peristiwa ini. Kerugian materiil ditaksir sekitar Rp 3 miliar," kata Siswandoyo.

Pihak perusahaan sudah menyiapkan lokasi pengungsian bagi para korban kebakaran.

"Perusahaan tidak menuntut masalah tersebut karena mereka menyadari itu musibah, apalagi semua adalah pekerja mereka juga," kata Siswandoyo.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/09/155537178/tabung-gas-bocor-mes-perusahaan-kelapa-sawit-ludes-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke