Salin Artikel

Bantuan Obat dari Jokowi Tiba di Padang, Gubernur Sumbar: Terima Kasih, Pak Presiden

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, langsung menjemput bantuan obat-obatan bagi pasien Covid-19 di Bandara Internasional Minangkabau tersebut.

"Presiden memberikan tiga macam bantuan yaitu 100 unit konsentrator oksigen, obat-obatan serta tambahan vaksin untuk masyarakat Sumbar. Hari ini telah sampai paket obat-obatan," kata Mahyeldi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Jumat.

Dijadwalkan pada Sabtu (7/8/2021), bantuan 100 konsentrator oksigen juga akan mendarat di Sumbar dan segera bisa dimanfaatkan untuk penanggulangan Covid-19.

Mahyeldi mengatakan obat-obatan yang dikirim khusus untuk pasien yang menjalani isolasi mandiri dan akan segera didistribusikan oleh Dinas Kesehatan Sumbar.

Ia menyampaikan rasa terima kasih masyarakat Sumbar atas perhatian Presiden Joko Widodo kepada kondisi penanganan Covid-19 di Sumbar.

Sebelumnya diberitakan, Sumatera Barat mendapat bantuan dari Presiden Joko Widodo berupa 100 kosentrator oksigen, obat dan vaksin.

Bantuan tersebut diberikan setelah Presiden Joko Widodo menelpon Gubernur Sumbar Mahyeldi, Kamis (5/8/2021).

"Bapak Presiden menelpon menanyakan perkembangan penanganan Covid-19 di Sumbar. Kita melaporkan kondisi terkini dan Presiden langsung menanggapi dengan memberikan bantuan," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Jumat (6/8/2021).


Mahyeldi menyebut laporan yang disampaikan di antaranya tentang kenaikan kasus positif di Sumbar.

Hal itu disebabkan jumlah testing dan tracing yang ditingkatkan beberapa waktu terakhir.

Kemudian tentang penanganan pasien di Rumah Sakit yang dilakukan secara berjenjang mulai dari RSUD di kabupaten dan kota serta Rumah Sakit rujukan untuk pasien dengan kondisi gejala berat.

Persoalan ketersediaan oksigen juga menjadi salah satu laporan yang diberikan Gubernur mahyeldi kepada Presiden dan langsung ditanggapi dengan bantuan 100 unit konsentrator oksigen.

Semakin tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19 juga menjadi perhatian dari Presiden.

"Dalam satu minggu ke depan tambahan vaksin akan dikirimkan ke Sumbar. Sementara untuk konsentrator dan obat-obatan hari ini sampai ke Sumbar," kata Mahyeldi.

Jangan Bangga

Sementara itu anggota DPRD Sumbar Komisi V Bidang Kesehatan, Nofrizon menyebutkan bantuan yang diberikan presiden jangan membuat Pemprov Sumbar bangga dan lupa diri.

Bantuan tersebut memperlihatkan bahwa Pemprov Sumbar dinilai sudah susah payah menangani Covid-19 sehingga Presiden harus turun tangan.

"Kita jangan jadi bangga setelah dibantu presiden. Ini memperlihatkan kita sudah sangat payah sekali menangani Covid-19 sehingga harus dibantu Presiden," kata Nofrizon.

Nofrizon menyebut sejak dipimpin Gubernur Mahyeldi, penanganan Covid-19 di Sumbar tidak lagi terarah sehingga angka kasus baru meningkat tajam, angka kematian tinggi.

"Sumbar berada di lima besar provinsi penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan baru-baru ini berada di tiga terbawah provinsi yang taat protokol kesehatan," kata Nofrizon.

Nofrizon mencontohkan langkah dan pola penanganan Sumbar saat dipimpin Gubernur Irwan Prayitno di mana kasus bisa ditekan dan Sumbar sempat mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi sebagai provinsi yang berhasil mengendalikan Covid-19.

"Ini perbedaannya dulu dengan sekarang. Dulu kita dapat apresiasi dari Presiden dan sekarang kita dapat bantuan. Jadi jangan jadi bangga. Kita harus kerja keras menangani Covid-19 ini," kata Nofrizon

https://regional.kompas.com/read/2021/08/07/081229278/bantuan-obat-dari-jokowi-tiba-di-padang-gubernur-sumbar-terima-kasih-pak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke