Salin Artikel

Penampakan Beras Bansos di Pandeglang, Menggumpal Mirip Batu, Menko PMK: karena Kehujanan

Dari hasil kunjungannya tersebut, dia mengatakan penyebab beras menggumpal hingga disebut mirip batu karena kehujanan.

"Berdasarkan laporan PT Pos, Bulog dan Bupati sebetulnya memang sudah diketahui beras itu tidak bagus karena kena hujan dan sudah disisihkan, dan sudah diganti dengan beras yang baik," kata Muhadjir kepada wartawan di lokasi, Jumat.

Dia mengatakan kasus beras tersebut sudah ditarik kemudian diganti dengan beras baru dan sudah didistribusikan ke masyarakat.

Dengan demikian, kata dia, kasus beras batu tersebut selesai karena sudah ditangani.

Soal kualitas beras yang diberikan kepada masyarakat, dia menyebut memang kualitas harus ditingkatkan, namun sudah memenuhi syarat untuk diberikan ke masyarakat.

"Prinsipnya gak boleh ada beras yang kualitas rendah yang diberikan masyarakat. Kalau kita berikan beras ke orang lain, kita juga yakin mau makan beras itu. Jangan sampai kita enggak mau makan beras itu kita berikan ke orang lain," kata dia.

Beras Kemudian didistribusikan melalui Kantor Pos ke desa dan kelurahan di seluruh Pandeglang.

Dilaporkan sebelumnya, sejumlah warga di Kabupaten Pandeglang, Banten, kecewa dengan beras bantuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Beras itu disebut tidak layak konsumsi karena kondisinya menggumpal seperti batu dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Salah satu warga yang menerima beras tersebut adalah Uki, warga Kelurahan Pandeglang, Pandeglang yang menerima beras tersebut pada Selasa (5/8/2021).

Beras yang diterima olehnya sebanyak satu karung berukuran 10 kilogram. Saat dibuka, dia kaget lantaran kondisi berasnya tidak bagus.

"Warnanya kuning agak kebiruan dan menggumpal keras, saya kecewa," kata Uki ditemui di rumahnya, Kamis (5/8/2021).

Dia mengatakan, beras itu berasal dari Bulog. Hal tersebut diketahui dari tulisan yang tertera di kemasan karung yakni 'Beras Bulog Medium 10 Kg'. Beras itu diperuntukkan untuk warga yang terdampak PPKM.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/07/063000678/penampakan-beras-bansos-di-pandeglang-menggumpal-mirip-batu-menko-pmk-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke