Salin Artikel

Cerita Dokter Mey Beri Layanan Konsultasi Gratis untuk Pasien Covid-19

Layanan gratis yang bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Kecamatan Kembaran ini diberikan khusus untuk pasien isoman di desa-desa yang berada di wilayah tersebut.

Mey menceritakan, layanan konsultasi itu bermula dari pertemuan dengan camat setempat saat kegiatan baksi sosial bagi warga yang isoman.

"Pak Camat menyampaikan banyak warga yang isoman butuh konsultasi. Akhirnya saya langsung putuskan saya siap membantu untuk konsultasi online," kata Mey, baru-baru ini.

Mey mengaku, tergugah untuk memberikan layanan tersebut karena selama ini masih banyak warga tidak paham dengan obat-obatan yang harus dikonsumsi ketika menjalani isoman.

"Banyak warga yang tidak paham obat yang harus, diminum. Memang ada obat yang dijual bebas, tapi ada beberapa obat yang harus melalui fasilitas kesehatan," kata Mey, baru-baru ini.

Selain konsultasi obat-obatan, Mey juga memberikan edukasi mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19.

Harapannya, setelah diedukasi pasien isoman tidak sembarangan dalam melakukan tindakan atau saat akan mengonsumsi obat.

Pasalnya penanganan yang tidak tepat, kata Mey, justru dapat membahayakan diri sendiri dan keluarga.

Camat sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Kembaran, Omar Odaya mengatakan, berinisiatif menggandeng dokter agar pasien isoman mendapatkan informasi yang baik dan benar.


Dokter tersebut bertugas untuk membantu tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di wilayah tersebut.

"Ini untuk meringankan beban warga yang sedang menjalani isoman. Kalau tanpa arahan dari dokter menurut kami bisa berbahaya, karena mereka bisa mengkonsumsi obat tanpa resep dokter," kata Omar.

Omar menjelaskan, layanan konsultasi itu melalui WhatsApp yang ditangani operator dari tim kecamatan. Pertanyaan yang layak kemudian diteruskan kepada dokter.

Menurut Omar, WhatsApp tersebut sudah di-setting bisnis dan sudah tersedia manual guide serta landing page.

Hal itu untuk mempermudah warga isoman dalam memberikan pertanyaan.

Selanjutnya, pertanyaan tersebut akan dijawab dokter di WhatsApp Group Layanan Konseling Isoman.

"Jawaban dari dokter akan diteruskan kepada kepada warga yang isoman. WhatsApp Group Layanan Konseling Isoman ini dimaksudkan supaya ada pantauan dari Forkompinca Kembaran," ujar Omar.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/06/102956778/cerita-dokter-mey-beri-layanan-konsultasi-gratis-untuk-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke