Salin Artikel

Warga di Pekanbaru Bisa Pinjam dan Gunakan Tabung Oksigen Gratis

Tabung oksigen yang disediakan saat ini sebanyak 100 tabung, dengan ukuran 6 kubik.

Dirmanto, selaku relawan mengatakan, bagi pasien Covid-19 yang mau meminjam tabung oksigen, bisa datang ke poskonya di Sekretariat Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB).

Lokasinya ada di Jalan Karya Indah Nomor 8, Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru.

"Kami dari Relawan Peduli Covid-19, saat ini menyediakan 100 tabung oksigen untuk dipinjamkan secara gratis kepada pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen. Kita juga pinjamkan sekaligus regulator dan selangnya," ujar Dirmanto saat diwawancarai Kompas.com di poskonya, Kamis (5/8/2021).

Sejak peminjaman tabung oksigen gratis ini dibuka, dia menyebutkan, sudah ada 10 warga yang meminjam.

Bagi pasien Covid-19 yang saat ini kesulitan mendapatkan oksigen, bisa langsung datang ke Sekretariat IKPTB.

Menurut Dirmanto, syarat peminjaman yakni cukup dengan melampirkan fotokopi KTP pasien Covid-19 dan fotokopi si peminjam.

"Kita juga membuat syarat dengan melampirkan surat keterangan dokter rumah sakit yang menyatakan pasien itu sesak napas," kata dia.

Bagi pasien maupun keluarga yang tidak bisa mengambil tabung oksigen ke posko, maka relawan akan siap untuk mengantar ke alamatnya.

"Memang tabung oksigen ini kami pinjamkan gratis bagi pasien yang benar-benar membutuhkan, karena tidak semua pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen," kata Dirmanto yang juga sebagai ketua pelaksana peminjaman tabung oksigen gratis.

Lebih lanjut, Dirmanto mengatakan, ide peminjaman tabung oksigen ini muncul seiring angka kasus positif Covid-19 di Kota Pekanbaru yang tinggi.

Menurut dia, semakin banyak warga yang terpapar Covid-19, maka juga akan semakin banyak yang membutuhkan oksigen.

"Melihat perkembangan penyebaran Covid-19 masih tinggi di Pekanbaru, Pak Toni inisiator Relawan Peduli Covid-19 langsung action dengan memesan 100 tabung oksigen. Stok oksigen ini kami pinjamkan secara gratis bagi yang membutuhkan. Apalagi, sekarang kan Pak Gubernur Riau (Syamsuar) mencanangkan pembentukan rumah oksigen gotong royong," ujar Dirmanto.


Bisa isi ulang gratis

Dia juga menyebutkan, bagi pasien Covid-19 yang meminjam tabung, kemudian oksigennya habis, bisa diambil yang baru lagi, sehingga tidak perlu melakukan isi ulang di tempat lain.

Dirmanto berharap, peminjaman tabungan oksigen gratis ini bisa dimanfaatkan oleh pasien Covid-19 yang mengalami sesak napas.

"Ini sebagai langkah antisipatif kami apabila terjadi kelangkaan oksigen di Pekanbaru. Kami juga berterima kasih atas dukungan dari rekan-rekan relawan dan kalangan lainnya," kata Dirmanto.

Salah seorang warga, Heri Siswanto (41) datang meminjam tabung oksigen gratis ke posko relawan peduli Covid-19.

Warga Kecamatan Payung Sekaki ini mengaku datang meminjam tabung oksigen gratis untuk ibunya yang terpapar Covid-19.

"Ibu saya kena Covid-19 sudah tiga hari, sekarang isolasi mandiri di rumah. Ibu saya ini usianya sudah 64 tahun dan mengalami gejala sesak napas, jadi butuh oksigen. Jadi, pas dapat informasi di grup WA (WhatsApps) ada pinjaman tabung oksigen gratis, saya langsung ke sini," ujar Heri.

Menurut Heri, peminjaman tabung oksigen gratis oleh Relawan Peduli Covid-19 ini sangat membantu.

"Ya, membantu sekali. Kita enggak susah sana sini cari oksigen," kata Heri.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/06/064100278/warga-di-pekanbaru-bisa-pinjam-dan-gunakan-tabung-oksigen-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke