Salin Artikel

230 Vial Vaksin Moderna Tiba, Nakes di Kabupaten Blitar Mulai Disuntik Dosis Ketiga

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Eko Wahyudi mengatakan, ribuan tenaga kesehatan mulai mulai mendapatkan suntikan vaksin buatan Moderna secara bertahap mulai hari ini.

"Sudah datang 230 vial atau 2.300 dosis vaksin Moderna yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan kita. Pelaksanaannya tentu bertahap, mulai hari ini," ujar Eko kepada wartawan, Kamis petang.

Khusus untuk tenaga kesehatan, ujar Eko, mendapatkan tambahan dosis suntikan vaksin buatan Moderna sebagai pelindung tambahan mengingat mereka bekerja dengan risiko tinggi terpapar Covid-19.

Sebanyak 2.300 dosis vaksin tersebut, kata dia, tak akan cukup karena sasaran tenaga kesehatan di Kabupaten Blitar lebih dari 3.000 orang.

Pada vaksinasi Covid-19 tahap pertama, ujar Eko, sasaran kelompok tenaga kesehatan ditetapkan sebanyak 3.123 orang.

Meskipun, realisasi vaksinasi dosis pertama mencapai jumlah 3.343 tenaga kesehatan atau 107,04 persen dari sasaran yang ditetapkan.

"Kita sudah akan segera ajukan kekurangan jumlah dosisnya untuk vaksin Moderna buat nakes, sembari kita menunggu selesainya validasi data nakes," ujar Eko.

Pemkab Blitar, kata dia, tidak bisa menggunakan data jumlah sasaran ataupun realisasi vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan karena sudah terjadi perubahan.

Selain karena adanya tenaga kesehatan yang meninggal dunia, ujarnya, juga terdapat beberapa tenaga kesehatan yang karena kondisi kesehatannya tidak diperkenankan mengikuti vaksinasi.

Vaksin untuk ODGJ dan kelompok difabel

Eko mengatakan, setelah sempat mengalami kekosongan stok vaksin selama lebih dari sepekan, kini pihaknya baru menerima lagi kiriman lebih dari 80.000 dosis.

Rinciannya, vaksin Sinovac 455 vial, Moderna 230 vial, Astra Zeneca 6.675 vial, dan Sinopharm 1.591 vial.

Selain diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat umum, ujar Eko, vaksin tersebut juga akan digunakan untuk memvaksin kelompok orang dengan gangguan jiwa dan kelompok warga difabel.

Total, terdapat 312.094 warga Kabupaten Blitar yang telah mendapatkan suntikan vaksin atau 32,5 persen dari total sasaran.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/232925878/230-vial-vaksin-moderna-tiba-nakes-di-kabupaten-blitar-mulai-disuntik-dosis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke