Salin Artikel

Banyak Warga Terpapar Covid-19, Sebanyak 14 Lingkungan di Medan Lakukan Isolasi

MEDAN, KOMPAS.com - Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengungkapkan, sampai saat ini ada 14 lingkungan di Medan yang diisolasi karena banyaknya warga yang terpapar Covid-19.

“Ada 14 lingkungan di Medan (yang menjalani isolasi), dari 2.001 lingkungan,” kata Bobby saat meninjau penerapan isolasi lingkungan di Lingkungan 23, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (5/8/2021).

Kota Medan sendiri sejak beberapa pekan lalu kerap melakukan isolasi lingkungan di sejumlah kecamatan.

Adapun 14 lingkungan yang tengah diisolasi itu tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Medan Johor, Medan Helvetia, Medan Deli, Medan Sunggal, Medan Tuntungan, Medan Labuhan dan Medan Tembung.

Langkah tersebut ditempuh untuk menekan penyebaran Covid-19 di Medan yang masih menunjukkan tren peningkatan.

Selama isolasi, akses keluar masuk ke lingkungan tersebut dibatasi. Mobilitas warga dibatasi mulai pukul 18.00 hingga 06.00.

Bobby mengapresiasi pelaksanaan isolasi lingkungan pada Lingkungan 23 di Kecamatan Medan Tuntungan itu.

Menurutnya, isolasi di lingkungan itu sangat ideal. Lingkungan itu diisolasi karena ada sembilan rumah di sana yang penghuninya terpapar Covid-19.

Mereka positif Covid-19 dalam waktu yang berbeda-beda antara tanggal 22 Juli hingga 1 Agustus 2021.

Isolasi yang diterapkan di lingkungan itu juga tertata dengan baik. Warga pun menjalaninya dengan maksimal dan tanpa keterpaksaan.


Komunikasi warga selama menjalani isolasi lingkungan hanya menggunakan HT (Handy Talkie). Petugas juga memasang CCTV di beberapa titik untuk memantau aktivitas warga.

“Semua lapisan masyarakat berpartisipasi, kalau semua lingkungan dan semua kecamatan di Medan bisa seperti ini saya rasa penyelesaian Covid-19 bisa cepat tercapai," kata Bobby.

Menurutnya, penerapan isolasi lingkungan seperti ini, diharapkan akan membantu Pemkot Medan dalam mencari solusi ketersediaan ruangan isolasi untuk warga Medan.

Apalagi, ketersediaan ruangan di tempat isolasi terpusat (Isoter) di Medan saat ini dirasa masih kurang.

“Kalau semua lingkungan seperti ini, bisa membantu isoter kita karena keterbatasan isoter. Saat ini baru sekitar 400 kamar isoter yang kita miliki,” pungkas Bobby.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/05/152628278/banyak-warga-terpapar-covid-19-sebanyak-14-lingkungan-di-medan-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke