Salin Artikel

Gubernur Babel Prediksi PPKM Bakal Diperpanjang, Ini Penyebabnya

BANGKA, KOMPAS.com - Pemerintah daerah kini menunggu pengumuman Presiden Joko Widodo terkait perpanjangan atau tidak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Sebagaimana diketahui penerapan PPKM Level 3 dan 4 di seluruh Indonesia berakhir hari ini, 2 Agustus 2021.

"Kami masih menunggu pengumuman dari Presiden apakah PPKM ini akan diperpanjangan atau tidak, Tapi menurut feeling saya tetap diperpanjang," ujar Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, seusai rapat di kantor gubernur, Selasa (2/8/2021).

Menurutnya, perpanjangan PPKM oleh pemerintah pusat bisa disebabkan berbagai faktor.

Seperti masih tingginya angka penularan Covid-19 dan masih kurang disiplinnya masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

"Kalau kita semua tidak berhati-hati, tidak komitmen untuk menjaga kesehatan masyarakat, dari data yang dipaparkan pada rapat bersama Menko Perekonomian yang lalu, bukan tidak mungkin yang saat ini level 3 akan naik ke level 4," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.


Sebab, dari data yang dipaparkan Koordinator Tim Pakar Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, peta zonasi kepatuhan penggunaan masker dan pola menjaga jarak di beberapa wilayah di Babel dalam kurun 24-30 Juli masih berada di zona kuning.

Artinya, tingkat kepatuhan masih berkisar di angka 76-90 persen.

"Tidak patuh terhadap protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak, ini akan sulit. Ini menjadi perhatian kami, bekerja sama dengan kepolisian dan TNI, kalau ditemukan ada yang tidak disiplin dirapid tes, kalau ternyata positif masuk isolasi terpadu," ujarnya.

Ada pun penderita Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung hingga 1 Agustus 2021 tercatat mencapai 33.823 pasien atau terjadi penambahan dalam sehari sebanyak 449 pasien.

Dari total jumlah tersebut, sebanyak 27.386 dinyatakan sembuh atau selesai isolasi, 5.749 dalam perawatan dan 688 pasien dilaporkan meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/02/145156378/gubernur-babel-prediksi-ppkm-bakal-diperpanjang-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke