Salin Artikel

Stok Vaksin Nyaris Habis, 10 Layanan Vaksinasi di Kota Semarang Dihentikan

Pelayanan di sejumlah sentra vaksinasi pun terpaksa dihentikan karena terkendala pasokan vaksin yang nyaris habis.

Setidaknya, ada tiga sentra vaksinasi yang menutup sementara layanan vaksin bagi masyarakat.

Adapun tiga sentra vaksinasi yang tutup antara lain Universitas Negeri Semarang (Unnes), Unika Soegijapranata Semarang dan Kecamatan Mijen.

Tidak hanya itu, tujuh puskesmas yang membuka pelayanan vaksinasi juga ditutup seperti Puskesmas Bandarharjo, Puskesmas Genuk, Puskesmas Mijen, Puskesmas Karanganyar, Puskesmas Tambakaji, Puskesmas Karangayu dan Puskesmas Bangetayu.

Sementara, 16 puskesmas lainnya masih membuka layanan vaksinasi tapi hanya untuk dosis kedua yakni Puskesmas Poncol, Puskesmas Mangkang, Puskesmas Bulu Lor, Puskesmas Ngaliyan, Puskesmas Manyaran, Puskesmas Sekaran, Puskesmas Lebdosari, Puskesmas Lamper Tengah, Puskesmas Kedungmundu, Puskesmas Rowosari, Puskesmas Krobokan, Puskesmas Kagok, Puskesmas Ngesrep, Puskesmas Pegandan, Puskesmas Karangdoro dan Puskesmas Karangmalang.

Saat ini, dari 12 sentra vaksinasi yang ada di Kota Semarang hanya Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) yang masih melayani dosis pertama.

Sementara, sentra vaksinasi lainnya melayani vaksinasi dosis kedua.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) telah berupaya berkomunikasi dengan pemerintah di tingkat provinsi maupun pusat untuk menambah kebutuhan vaksin di wilayahnya.

"Kami terus bangun komunikasi, terutama dengan pemerintah provinsi, supaya bisa mendapatkan tambahan suplai vaksin supaya kebutuhan di Kota Semarang yang sangat besar bisa terpenuhi," kata Hendi di Semarang, Jumat (30/7/2021).


Hendi mengatakan antusiasme masyarakat untuk divaksin memang sangat tinggi di Kota Semarang.

Sehingga, pihaknya berharap ada penambahan stok vaksin untuk Kota Semarang.

"Tim kami sudah siap. Sehari bisa melakukan vaksinasi 18.000 sampai 20.000 baik v1 maupun v2. Harapan kami suplai vaksin bisa lebih baik, jadi target dari Kementerian Kesehatan yang 1,3 juta di Kota Semarang ini bisa terpenuhi dalam waktu sebulan ke depan," ujarnya.

Kendati demikian, Hendi menyebut sejauh ini belum mendapatkan kepastian kapan pasokan vaksin akan dikirim.

"Kita baru dapat informasi untuk menyusun kebutuhan vaksin selama seminggu ke depan dari Pak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, tapi belum ada informasi kapan vaksin masuk lagi ke Semarang," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/30/201025878/stok-vaksin-nyaris-habis-10-layanan-vaksinasi-di-kota-semarang-dihentikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke