Salin Artikel

Stok Vaksin Aman, Dinkes Gunungkidul Kejar Target 4.000 Dosis dalam Sehari

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, mencatat capaian vaksinasi baru 28 persen dari total sasaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan, target dalam mengejar capaian herd immunity (kekebalan kelompok) yakni melakukan vaksinasi sebanyak 4.000 dosis per hari.

"Untuk total yang sudah divaksin lebih dari 28 persen dari target 595.000 warga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Dewi Irawaty saat dihubungi, Selasa (27/7/2021).

Dikatakan Dewi, 28 persen yang sudah divaksin terdiri tenaga medis, pelayanan publik, lansia, masyarakat umum hingga anak usia 12 tahun ke atas.

"Stok masih ada terus, jadi sebelum habis kita sudah minta ke Dinas Kesehatan DI Yogyakarta," kata Dewi.

Dinas kesehatan melakukan vaksinasi di kawasan wisata, hingga mendatangi rumah penduduk.

Disinggung mengenai vaksinasi pada anak, jelas Dewi, dinas kesehatan akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul.

"Fokus kami yang dewasa, kalau Disdikpora mau menginisiasi kami siap," kata Dewi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikpora Gunungkidul Ali Ridhlo mengatakan, sedang menyiapkan sasaran yang akan divaksin.

Dikatakan Ali, vaksinasi telah diberikan kepada ribuan tenaga pendidik di Gunungkidul. Harapannya, kegiatan tatap muka di sekolah bisa diselenggarakan.

"Tentu kami mendukung vaksinasi terhadap pelajar, namun pelaksanaannya tetap menjadi wewenang Dinas Kesehatan,” ucap Ali.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/28/094338278/stok-vaksin-aman-dinkes-gunungkidul-kejar-target-4000-dosis-dalam-sehari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke