Salin Artikel

Kebutuhan Melonjak Drastis, Stok Oksigen Tabung di Cianjur Semakin Menipis

CIANJUR, KOMPAS.com – Kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meningkat drastis.

Sementara di sisi lain, persediannya di sejumlah rumah sakit semakin menipis.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, ketersediaan oksigen saat ini hanya cukup untuk beberapa hari ke depan.

"Bahkan, di salah satu rumah sakit diperkirakan stok yang ada hanya cukup hingga dua hari ke depan," kata Herman kepada wartawan, Senin (26/7/2021).

Namun, saat ini Pemkab Cianjur telah mendapatkan bantuan sebanyak 10 oksigen tabung ukuran besar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Diharapkan, tambahan oksigen ini bisa mengatasi ketersediaan oksigen yang terus berkurang,” ujar dia.

Selain itu, pemda juga telah membuka layanan penyediaan oksigen, terutama bagi masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri untuk memudahkan mereka mendapatkan oksigen.

"Kita ada LO (liaison officer) untuk menghubungkan dengan perusahaan penyedia oksigen, sehingga warga bisa dengan mudah mendapatkan oksigen, silakan langsung menghubungi Satgas Covid-19 Cianjur,” kata Herman.


Sementara Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Cianjur, Yusman Faisal mengemukakan, menipisnya stok oksigen dipicu tingginya penggunaan di sejumlah fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, maupun klinik kesehatan.

Selama ini, disebutkan Yusman, fasilitas kesehatan di Cianjur masih mengandalkan penggunaan oksigen tabung dalam penanganan pasien biasa maupun Covid-19.

"Hanya beberapa rumah sakit saja yang sudah memakai jenis liquid atau oksigen cair (Liquid). Padahal, ketersediaan oksigen jenis ini sebenarnya lebih terjamin," ucap Yusman, Senin.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/27/085354578/kebutuhan-melonjak-drastis-stok-oksigen-tabung-di-cianjur-semakin-menipis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke