Salin Artikel

Ini Alasan Siti Sumirah Minta Dibawa Ambulans ke Kantor Gubernur Kaltim Setelah Kakaknya Ditolak 5 RS

KOMPAS.com - Kesal setelah kakaknya ditolak lima rumah sakit di Kota Samarinda, pihak keluarga pun meminta ambulans untuk membawa mereka ke kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Siti Sumirah, warga Kecamatan Argamulya, Samarinda mengatakan, alasan dirinya minta ambulans membawanya ke kantor Gubernur Kaltim karena ingin bertemu dengan Gubernur Isran Noor untuk melihat kondisi kakaknya yang sedang sakit sesak nafas.

"Maksud saya ke sana tadi untuk ditemukan kepada pak gubernur biar lihat pasien ini seperti apa. Bisa-bisanya ditelantarkan begini dan jika tidak ditangani bisa mati di dalam perjalanan nanti, Itu saja," kata Siti, Jumat (23/7/2021), dikutip dari TribunKaltim.com.

Selain itu, kata Siti, sebagai bentuk kekecewaan terhadap pihak rumah sakit yang menolak kakaknya.

"Itu rasa sakit hati saya karena lihat kakak saya ditelantarkan begitu saja. Tidak dilayani seperti layaknya pasien lainnya. Pasien lain dilayani kenapa kakak saya tidak," ujarnya.

Siti mengaku sudah ke RS Dirgahayu, RSUD IA Moeis, RS SMC, RS Bhakti Nugraha, RS Hermina. Namun, kakaknya ditolak.


Hanya RSUD AW Sjahranie yang belum sempat dia datangi.

"Sejak jam 10 pagi sudah keliling ke berbagai rumah sakit, cuma tidak diterima semua," ujarnya.

Kata Siti, alasan lima rumah sakit itu menolak kakaknya karena tidak ada tempat, dan tidak ada oksigen.

Siti mengaku, saat oksigen di rumah sakit tidak ada, ia sempat mengatakan bahwa membawa oksigen sendiri. Namun tetap saja ditolak. Bahkan, tidak ingin melihat kondisi kakaknya.

"Saya bilang saya bawa oksigen, mau berapa akan saya kasih. Tetapi mereka menolak bahkan tidak mau melihat pasiennya. Jadi mereka hanya bilang tidak ada," ujarnya.

Namun, setelah dibantu petugas Satpol PP yang bertugas di kantor gubernur, kakak Siti akhirnya dirawat di RS Atma Husada Mahakam.

"Untung ada RS Atma Husada Mahakam yang menolong sama petugas satpol PP tadi," ujarnya.

 

(Editor Teuku Muhammad Valdy Arief)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Kronologi Ambulans Pembawa Pasien yang Ditolak Rumah Sakit Masuk Kantor Gubernur Kaltim

https://regional.kompas.com/read/2021/07/24/102100178/ini-alasan-siti-sumirah-minta-dibawa-ambulans-ke-kantor-gubernur-kaltim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke