Salin Artikel

70 Nakes di Blitar Terpapar Covid-19 dalam 2 Pekan, 1 Meninggal

Hari Suselo, warga Kecamatan Garum berusia 56 tahun itu, meninggal dalam perawatan rumah sakit rujukan RSUD Ngudi Waluyo di Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Senin malam (19/7/2021).

Tak hanya Hari Suselo, belakangan, Covid-19 rupanya telah menjangkiti puluhan tenaga kesehatan (nakes) di Blitar.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Christine Indrawatiy mengatakan, ada 70 tenaga kesehatan dari 13 Puskesmas di Kabupaten Blitar yang terpapar Covid-19 dalam dua pekan terakhir.

"Hanya dalam waktu kurang dari dua pekan terjadi puluhan kasus konfirmasi di antara tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas di Kabupaten Blitar," ujar Christine kepada Kompas.com melalui telepon, Kamis sore (22/7/2021).

Dari jumlah itu, satu orang nakes meninggal dunia. Sedangkan satu orang perawat Puskesmas di Kecamatan Wates masih menjalani perawatan di rumah sakit karena terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala berat.

Ledakan kasus Covid-19

Christine mengatakan, lonjakan jumlah tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencerminkan kondisi beban kerja yang overload karena ledakan kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar.

"Yang kami yakini, bahwa kelelahan bisa menurunkan imunitas tubuh dan sehingga menjadi rentan pada serangan mendadak virus penyebab Covid-19," terangnya.

Selanjutnya, ujar Christine, kasus-kasus konfirmasi positif Covid-19 menimpa tenaga kesehatan di belasan puskesmas lainnya hingga totalnya mencapai setidaknya 70 orang tenaga kesehatan.

Christine mengatakan, puskesmas-puskesmas tersebut sempat menutup sementara pelayanan selama beberapa hari karena banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19.

"Dua puskesmas sampai hari ini masih tutup, yaitu Puskesmas Sutojayan dan Puskesmas Kademangan," ujarnya.

Di Puskesmas Sutojayan, ujarnya, ditemukan 9 tenaga kesehatan yang positif Covid-19 sedangkan di Puskesmas Kademangan sebanyak 7 tenaga kesehatan.

Tidak hanya tenaga kesehatan puskesmas, tambah Christine, sejumlah tenaga kesehatan di laboratorium kesehatan daerah dan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar juga terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga sempat tutup pelayanan selama beberapa hari.

"Jadi totalnya 13 Puskesmas, satu laboratorium kesehatan, dan kantor kami sempat tutup pelayanan dalam dua pekan terakhir," jelas Christine.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/22/184914078/70-nakes-di-blitar-terpapar-covid-19-dalam-2-pekan-1-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke