Salin Artikel

"Kalau Ada yang Merasa Sakit, Langsung Lapor Petugas Terdekat, Jangan Menunggu Lama"

"Ini sikap berbahaya di tengah upaya penanggulangan pandemi ini," ujar Letkol Rully saat dihubungi Kompas.com, Kamis (22/7/2021).

Hal itu terungkap setelah ada warga yang meninggal. Setelah ditelusuri, warga tersebut meninggal karena terpapar Covid-19.

Petugas pun melakukan tracing dan testing, tetapi warga menolak.

Ia menduga sikap masyarakat tersebut dipicu rasa khawatir akan ditempatkan di tempat isolasi atau rumah sakit jika ternyata terpapar Covid-19.

"Karena takut akan diisolasi," dia menduga.

Dandim meyakinkan, penanganan awal maupun perawatan terhadap warga yang terpapar virus corona memang diperlukan untuk keselamatan individu dan warga sekitar.

Apalagi terhadap warga yang tengah sakit dengan beberapa gejala klinis menyerupai Covid-19.

"Kalau ada yang merasa sakit, langsung lapor petugas terdekat. Jangan menunggu lama," lanjutnya.


Letkol Rully menyebut, angka kematian yang cukup tinggi juga terjadi karena pasien terlambat dibawa ke fasilitas kesehatan.

"Kondisinya sudah terlanjur memburuk, baru dibawa ke rumah sakit. Ini tidak bagus," kata Dandim.

Oleh sebab itu, ia mengajak masyarakat untuk membangun kesadaran bersama dalam menanggulangi pandemi. Sikap proaktif dari masyarakat diperlukan untuk kelancaran penanganan.

Semua upaya pemerintah saat ini, kata Dandim, bertujuan menekan kasus positif Covid-19 yang masih tinggi. Usaha tersebut akan sia-sia tanpa peran serta masyarakat.

Ia mencontohkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 yang diterapkan di Kediri. Kebijakan itu baru bisa dilonggkarkan jika penularan Covid-19 melandai.

"Mari kita sama-sama menanggulangi agar angka menurun dan semoga pandemi berakhir." jelasnya.

Adapun perihal bantuan bagi masyarakat, Kodim 0809 juga membagikan bantuan berupa beras bagi masyarakat yang terdampak pandemi.

Bantuan beras yang dibagikan mencapai 30 ton dan mulai dibagikan hari ini, Kamis (22/7/2021). Pembagiannya dilakukan secara door to door oleh Babinsa dibantu Bhabinkamtibmas. 

https://regional.kompas.com/read/2021/07/22/145950778/kalau-ada-yang-merasa-sakit-langsung-lapor-petugas-terdekat-jangan-menunggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke