Salin Artikel

3 Warga Kota Kupang Terpapar Covid-19 Varian Delta

Hal tersebut disampaikan Kepala Instalasi Patalogi Klinik RSUD WZ Johannes Kupang Hermi Indita Malewa, kepada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur NTT, Senin (21/7/2021) siang.

Menurut Hermi, varian delta tersebut diketahui pada sampel spesimen yang dicurigai bermutasi.

Sampel kemudian dikirimkan ke Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI untuk diperiksa.

“Kami sebagai laboratorium rujukan di NTT untuk pemeriksaan PCR Covid-19, memang ditugaskan oleh Kemenkes untuk secara berkala mengirimkan spesimen-spesimen yang dicurigai memiliki mutasi atau varian," ujar dia.

Dari Kementerian Kesehatan lanjut Hermi, mengeluarkan kriteria untuk segera mengirim spesimen Whole Genome Sequencing (WGS).

"Tidak semua spesimen yang positif kita kirimkan, tetapi yang masuk dalam kriteria saja. Dari 310 sampel yang kami kirimkan pertama pada bulan April itu, hasilnya tadi malam diinfokan oleh Balitbangkes bahwa, dari 310 sampel spesimen tersebut terdapat tiga di antaranya yang mengalami mutasi varian delta,” ujar Hermi.

Hermi memerinci, tiga sampel tersebut berasal dari pasien di Kota Kupang.

Yakni, seorang anak berusia 12 tahun, lansia berusia 70 tahun, dan orang dewasa berusia 33 tahun.

"Setiap bulan secara rutin kami kirimkan  sampel sejak bulan April. Dari semua sampel per kabupaten yang dicurigai bermutasi dan memang kalau dilakukan WGS ini prosesnya lama dan minimal dikirim dua minggu,” imbuhnya.


Dia memperkirakan, akan ada tambahan kasus varian delta dari sampel yang dikirim ke Balitbangkes Kemenkes.

Pihaknya lanjut Hermi, hingga saat ini telah mengirim sekitar 500 sampel ke Kementerian Kesehatan.

"Varian delta ini sangat progresif dan cepat penularannya. Itulah mengapa kita sekarang diminta untuk vaksinasi, karena vaksin terbukti sangat keliatan sekali manfaatnya," kata dia.

Saat ini di RSUD WZ Johannes Kupang terdapat banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19, namun gejalanya lebih ringan.

Ini artinya kata dia, manfaat vaksin ini memang sangat membantu menekan gejala Covid-19 serta penyembuhan lebih cepat.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT sekaligus Juru Bucara Tim Percepatan Penanganan Covid 19 NTT Marius Jelamu meminta masyarakat tidak panik, namun tetap taat prokes serta taat melaksanakan vaksinasi.

“Kita minta agar masyarakat jangan panik dan juga tetap menjaga protokol kesehatan. Juga saya minta agar tidak mengalami stres bagi para penderita atau pasien yang terpapar. Harus lakukan vaksinasi dengan benar karena vaksin sangat membantu kita meningkatkan kekebalan tubuh terhadap paparan virus,” ujar Marius. 

https://regional.kompas.com/read/2021/07/21/170523078/3-warga-kota-kupang-terpapar-covid-19-varian-delta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke