Salin Artikel

Sehari Semalam Tersesat di Hutan, 7 Pemuda Ini Minum Air Seni Sendiri untuk Bertahan Hidup

MAUMERE, KOMPAS.com - Tujuh orang pemuda asal Kota Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT, tersesat di hutan sejak Minggu (18/7/2021) hingga Senin (19/7/2021) siang.

Paur Humas Polres Manggarai, Ipda I Made Budiarsa, menuturkan, ketujuh orang remaja yang tersesat di dalam Hutan Golo Lusang itu akhirnya ditemukan usai tim gabungan bersama keluarga melakukan pencarian.

"Tim pencarian berhasil mengetahui keberadaan ketujuh pemuda tersebut, karena melihat adanya kepulan asap dari dalam hutan yang sengaja dinyalakan oleh mereka untuk memberi tanda," kata Made, dalam rilis yang diperoleh Kompas.com, Senin malam.

Ipda Made, menerangkan, berdasarkan keterangan ketujuh pemuda tersebut, pada Minggu (18/7/2021) sekitar pukul 06.00 Wita, mereka pergi berekreasi di danau yang terletak di dalam hutan lindung Golo Lusang, Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Titik mulai perjalanan mereka dengan melakukan pendakian melalui jalur bekas lapangan tembak di hutan tersebut.

Dalam perjalanan, lanjut dia, sekitar pukul 11.00 Wita, mereka tiba di danau tujuan rekreasi. Di lokasi, mereka makan siang bersama.

Setelah kurang lebih 2 jam berada di tempat tersebut, mereka kemudian memutuskan untuk pulang.

Namun, mereka tidak mengetahui jalan pulang, karena tidak dilengkapi alat penunjuk arah (kompas). Mereka akhirnya tersesat di dalam hutan.

"Malam makin berlarut, mereka belum menemukan jalan pulang. Mereka juga kehabisan bekal baik makanan ataupun minuman, sehingga untuk bertahan hidup ketujuh remaja itu harus mengonsumsi air seninya masing-masing. Mereka tidak bisa ke air terjun karena aksesnya sangat terjal," terang Made.

Semalam di tengah hutan, kata dia, mereka mengaku tidak tidur.

Mereka terus menyalakan api untuk menghilangkan rasa dingin. Mereka juga menahan rasa lapar, karena tidak ada apapun yang bisa dikonsumsi.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/19/213803178/sehari-semalam-tersesat-di-hutan-7-pemuda-ini-minum-air-seni-sendiri-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke