Salin Artikel

Sapi Kurban Jokowi di Surabaya Berbobot 1,2 Ton, Dijaga 6 Petugas Bergantian Selama 24 Jam

Sapi jenis Limousin tersebut dibeli dari peternak asal Kabupaten Probolinggo bernama Dandy Narindra Prabowo.

"Sapi dibeli dari peternak asal Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, bernama Dandy Narindra Prabowo," kata Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya Helmy Muhammad Noor saat dikonfirmasi, Minggu (18/7/2021) malam.

Sapi tersebut sudah tiba di halaman Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya pada Minggu sore.

Hewan kurban yang disumbangkan Presiden Jokowi itu memiliki berat 1.242 kilogram atau lebih dari 1,2 ton serta memiliki lingkar dada 235 sentimeter, panjang badan 194 sentimeter, tinggi gumba 154 sentimeter, dan lebar pinggul 71 sentimeter.

Sapi tersebut rencananya disembelih pada H+1 Hari Raya Idul Adha atau pada Rabu (21/7/2021).

Selama tiga hari dirawat di halaman masjid, akan ada enam petugas khusus yang disiagakan mengawasi sapi tersebut.

"Secara bergantian, mereka akan menjaga sapi selama 24 jam. Tugasnya bagaimana sapi merasa nyaman dan bahagia sebelum disembelih," terang Helmy.


Selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, dia yakin hewan kurban di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya tidak stres karena tak dilihat banyak orang.

"Selama PPKM darurat pintu gerbang masjid ditutup total," ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, daging kurban yang dihimpun Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya akan langsung dibagikan langsung kepada warga yang membutuhkan secara door to door.

Selain sapi kurban milik Presiden Jokowi, sapi kurban milik Muspida Jatim yakni Kapolda, Pangdam V Brawijaya, Wakil Gubernur Jatim, Sekdaprov Jatim, Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, dan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya juga akan disembelih di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/19/065752478/sapi-kurban-jokowi-di-surabaya-berbobot-12-ton-dijaga-6-petugas-bergantian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke