Salin Artikel

Kapolri: Kota Serang dan Pandeglang Terendah Penerapan Prokes, Panglima TNI: Ada Warga Desa Masih Tak Percaya Covid

"Dari hasil evaluasi di wilayah provinsi Banten terkait dengan tingkat kepatuhan dan kedisiplinan ada di beberapa wilayah angka sudah di 90 persen. Namun wilayah Kota Serang, kemudian Kabupaten Pandeglang angkanya masih dibawah 90 persen," kata Listyo kepada wartawan usai meninjau vakisinasi di Kampus Untirta, Serang, Banten. Minggu (18/7/2021).

Listyo meminta kepada masyarakat di dua wilayah tersebut agar meningkatkan kedispilinan menerapakan protokol kesehatan.

"Perlu ditingkatkan karena memang bahwa salah satu upaya menekankan laju dengan menaati prokes," ujar Listyo.

Mantan Kapolda Banten itu menyampaikan bahwa sampai saat ini laju pertumbuhan Covid-19 secara nasional masih cukup tinggi dan butuh kerja keras seluruh elemen masyarakat.

"Tentunya perlu ada upaya keras yang terus kita lakukan untuk segera menurunkan laju pertumbuhan Covid-19," kata Listyo.

Saat ini, lanjut Listyo, pemerintah sedang berupaya menekan angka penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

PPKM Darurat diberlakukan untuk menurunkan mobilitas masyarakat di saat lonjakan kasus Covid-19 terjadi.

"Kita ketahui bersama dalam beberapa hari ini kita telah melaksanakan kegiatan PPKM Darurat dimana PPKM darurat ini adalah merupakan strategi lanjutan dari upaya mencegah laju pertumbuhan Covid-19," pungkasnya.


Masih ada Warga tak percaya Covid-19

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa masih ada masyarakat terutama di wilayah perdesaan tak percaya adanya Covid-19.

Hal itu yang menyebabkan timbulnya klaster penyebaran Covid-19 di keluarga.

"Ada (masyarakat) desa menganggap di desa itu tidak ada Covid-19. Dan saat ini banyak sekali yang terpapar karena klaster keluarga dan mereka lupa antar tetangga bermain tanpa menggunakan masker," kata Hadi.

Untuk itu, Hadi mengintruksikan kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk terus mengingatkan penerapan prokes kepada masyarakat di pelosok desa di Banten.

"Mari kita sama-sama kita menegekan disiplin protokol kesehatan yaitu menggunakan masker 95 persen kita terlindungnya dari terpaparnya Covid-19 apabila menggunakan masker," ujar Hadi.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/18/144205078/kapolri-kota-serang-dan-pandeglang-terendah-penerapan-prokes-panglima-tni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke