Salin Artikel

2 Perawat Gugur karena Terpapar Corona, PPNI: Tolong Percaya, Covid-19 Itu Nyata

Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Jombang, Nasrullah mengungkapkan, terdapat 35 perawat terpapar corona, lima orang dirawat dan sebagian besar isolasi mandiri.

Mereka terpapar Covid-19 saat menjalankan tugas merawat pasien corona.

Menurut Nasrullah, banyaknya pasien Covid-19 yang terus berdatangan ke rumah sakit beberapa pekan terakhir, membuat petugas medis kelelahan.

Faktor kelelahan itu membuat banyak petugas yang jatuh sakit dan terpapar Covid-19. Bahkan, dua diantaranya telah gugur.

"Anggota kami yang terpapar sampai saat ini ada 35 orang, dua meninggal dunia," kata Nasrullah, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Perawat yang gugur itu bertugas di Puskesmas Plumbon Gambang dan RSI Jombang.

"Keduanya merupakan anggota yang berdedikasi tinggi, loyal terhadap tempat kerja dan loyal terhadap organisasi profesi. Kami sangat kehilangan," ujar Nasrullah.

Terkait meningkatnya kasus Covid-19 serta banyaknya tenaga medis yang ikut terpapar Covid-19, masyarakat diminta tenang namun tetap waspada.

Nasrullah berharap masyarakat tidak mengabaikan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Menurut dia, kepatuhan menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas, penting dilakukan agar tidak tertular Covid-19.

"Kami benar-benar berharap kepada masyarakat, tolong percaya bahwa Covid-19 itu nyata dan ada. Oleh karena itu, tolong patuhi protokol kesehatan," kata Nasrullah.


Ia menyebutkan, lebih dari 1.600 perawat anggota PPNI bertugas di sejumlah rumah sakit dan berbagai fasilitas kesehatan di Kabupaten Jombang.

Ratusan perawat di antaranya, bertugas untuk menangani pasien Covid-19, baik di RSUD Jombang maupun tersebar di sejumlah rumah sakit.

"Di RSUD Jombang saja ada 296 perawat yang bertugas di area Covid-19 dan sekitar 450 orang di area non Covid-19," ungkap Nasrullah.

Di tengah lonjakan kasus Covid-19, Nasrullah meminta anggotanya tetap loyal untuk menjalankan tugas.

Selain disiplin menerapkan protokol penanganan pasien Covid-19, ia juga meminta para perawat menjaga ketercukupan nutrisi dan istirahat agar tetap prima dalam bertugas.

"Jangan putus asa. Tetap berjuang dan optimis bahwa badai akan berlalu. jangan lupa berdoa, apapun yanh terjadi ini kehendak Tuhan," ujar Nasrullah.

Sementara itu, merujuk data Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang yang dipublikasikan melalui akun Instagram @dinkes.jombang, terdapat tambahan kasus baru sebanyak 148 kasus.

Pada Rabu (14/2021), secara kumulatif jumlah kasus Covid-19  sebanyak 6.275 kasus, dengan jumlah pasien sembuh sebanyak 4.853 orang.

Sumber data yang sama menyebutkan, ada 237 orang menjalani isolasi mandiri, 439 orang dirawat di rumah sakit, serta 746 orang meninggal karena terinfeksi virus corona.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/15/051500878/2-perawat-gugur-karena-terpapar-corona-ppni-tolong-percaya-covid-19-itu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke