Salin Artikel

Ganjar: Obatnya Sulit, Kalau Main-main Sikat Semuanya

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperingatkan, jika ada oknum yang mencoba mempermainkan harga obat-obatan di wilayahnya akan ditindak tegas.

Sebelumnya, dalam rapat penanganan Covid-19 Bupati Grobogan, Sri Sumarni melaporkan ada apotek yang menjual salah satu jenis obat melebihi harga eceran tertinggi (HET).

Namun, Bupati Grobogan telah menindak oknum tersebut bersama jajaran kepolisian.

Ganjar mendukung upaya penegakan hukum jika ada pihak yang menjual obat-obatan dengan harga di atas HET di Jawa Tengah.

"Di seluruh Jawa Tengah kemungkinan bisa terjadi juga di tempat lain. Kenapa kepolisian dan kejaksaan diperintahkan turun, maka tidak main-main. Yang di Grobogan dilaporkan mesti disikat betul agar kita bisa tenang," jelas Ganjar usai rapat penanganan Covid-19, Senin (12/7/2021).

Namun demikian, Ganjar berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar melakukan penyesuaian dalam HET obat dengan pabrikan.

Sebab, HET yang pernah dikeluarkan dari pabrikan memang lebih tinggi dibandingkan dengan HET yang ditetapkan pemerintah.

"Ketika pemerintah menentukan HET, saya sarankan bicara dengan pabrikan dulu. Maka mereka mesti perbarui HET," ucapnya.

Sebab, kalau tidak, kata dia, jika HET pabrik keluar dengan harga tinggi kemudian keluar aturan HET baru dari pemerintah dengan harga lebih rendah maka yang lebih tinggi tidak berani menjual.

"Maka enggak bisa melayani karena dianggap langka. Itu konsekuansinya. Sudah ada yang menyampaikan ke saya, aturan HET harus dikomunikasikan lagi. Kalau tidak, orang menjual dengan harga lebih tinggi sesuai HET pabrikan akan jadi kriminal," ucapnya.

Maka dari itu, Ganjar berharap aturan yang baru harus dikomunikasikan agar seluruh HET dengan harga tinggi untuk diturunkan.

"Tapi intinya tidak boleh ada yang main-main soal ini. Obatnya saja sulit. Kalau main-main ya sikat semuanya," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/12/203609278/ganjar-obatnya-sulit-kalau-main-main-sikat-semuanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke