Salin Artikel

Buron 10 Tahun gara-gara Kasus Korupsi, Mantan Bupati Lampung Timur Meninggal di Jakarta

Satono yang berusia 68 tahun itu meninggal dunia dalam pelariannya selama 10 tahun sejak tahun 2012 lalu sejak divonis Mahkamah Agung atas kasus korupsi APBD Lampung Timur 2008 - 2009.

Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung, Andrie W Setiawan membenarkan terpidana yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) kejaksaan itu telah meninggal dunia.

"Ya, benar, yang bersangkutan telah meninggal dunia. Tadi kami sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Metro, Kejaksaan Negeri Lampung Timur dan Kejaksaan Negeri Bandar Lampung untuk memastikan informasi tersebut," kata Andrie saat dihubungi, Senin (12/7/2021) sore.

Berdasarkan penelusuran pihak kejaksaan, Andrie menambahkan, Satono diketahui meninggal dunia di Jakarta pada Senin tadi pagi.

"Almarhum Satono meninggal dunia di Jakarta tadi ba'da Subuh. Jenazah dimakamkan di Pekalongan, Lampung Timur," kata Andrie.

Menurut Andrie, Satono adalah terpidana 15 tahun penjara atas korupsi senilai Rp 119 miliar yang dilakukan oleh Sugiarto Wiharjo alias Alay (sudah dipenjara).

Alay yang juga sempat kabur berhasil ditangkap di Tanjung Benoa, Bali pada 6 Februari 2019 lalu.


Satono menjadi buronan setelah Mahkamah Agung menjatuhkan vonis kasasi pada tahun 2012 silam.

Terkait tindakan hukum atas meninggalnya terpidana tersebut, Andrie mengatakan, pihak Kejati Lampung telah berkoordinasi dengan Kejari Bandar Lampung selaku jaksa eksekutor.

"Sudah dikoordinasikan dengan Kejari Bandar Lampung, nanti dikabarkan perkembangan hukumnya atas perkara Satono ini," kata Andrie.

Diketahui, Satono adalah terpidana kasus korupsi APBD Lampung Timur tahun anggaran 2008.

Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan vonis hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta terhadap Satono di tahun 2012.

MA juga menjatuhkan pidana tambahan uang pidana pengganti sebesar Rp10,58 miliar terhadap Satono.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/12/202400378/buron-10-tahun-gara-gara-kasus-korupsi-mantan-bupati-lampung-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke