Salin Artikel

Antrean Vaksinasi Anak di Palembang Membeludak, 1.986 Orang Dijadwalkan Ulang

PALEMBANG, KOMPAS.com - Vaksinasi massal yang dikhususkan untuk anak usia 12-17 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan membeludak.

Sebab, pendaftar tak hanya kalangan dari anak-anak dan remaja, namun orang tua hingga dewasa ternyata ikut mengantre agar bisa mendapatkan vaksin Covid-19.

Direktur Utama RSUP Mohammad Hoesin Palembang, Eko Sunaryanto mengatakan, mereka semula hanya memberikan vaksin Covid-19 untuk anak.

Namun, sekitar pukul 08.00 WIB, pendaftar dari orang dewasa mulai ikut mengantre.

"Tetapi yang hadir di luar kendali kita, semakin siang ternyata peminatnya makin luar biasa banyaknya. Bahkan yang datang banyak orang dewasa tanpa membawa anaknya," kata Eko saat mmemberikan keterangan kepada wartawan, Sabtu (10/7/2021).

Eko menjelaskan, hingga menjelang siang, pendaftaran yang semula dibuka untuk 1.000 orang membludak sampai 3.086. 

Manajemen rumah sakit akhirnya memutuskan untuk menjadwal ulang sebanyak 1.986 orang divaksin pada hari berikutnya.

"Kemampuan kita satu hari hanya sampai 1.100 orang. Sehingga sisanya dilanjutkan pada Seni sampai Jumat besok dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB," ujarnya.


Dari 3.086 pendaftar menurut Eko, hanya sekitar 40 persen anak usia 12-18 tahun. Sisanya merupakan orang dewasa.

"Sebetulnya vaksin hari ini kita menyambut hari anak, namun di luar dugaan yang datang banyak sekali. Tetapi tetap kita layani, yang telah mendaftar dan dijadwal ulang pada Senin nanti silahkan membawa nomor pendaftaran yang sama, tidak perlu daftar lagi," ujarnya.

RSUP Mohammad Hoesin Palembang sebelumnya menyiapkan sebanyak 6.000 dosis vaksin untuk diberikan kepada anak-anak.

Dengan banyaknya peminat untuk vaksin ini, mereka akan kembali mengajukan permintaan vaksin kepada pihak Dinas Kesehatan Sumatera Selatan.

"Kami juga sedang berpikir untuk mencari tempat lebih luas agar bisa menampung 3.000 orang untuk sekali vaksin, karena kalau disini lokasinya tidak memungkinkan," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/10/143252878/antrean-vaksinasi-anak-di-palembang-membeludak-1986-orang-dijadwalkan-ulang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke