Salin Artikel

Kondisi Terkini RSHS Bandung: Beberapa Item Obat Covid-19 Kritis, Actemra Habis, 200 Nakes Positif Corona

"(Tapi) ada beberapa item (obat) yang kritis. Mudah-mudahan segera sampai. Kita kan selalu meminta Kementerian Kesehatan dan pihak tertentu serta persiapan RSHS terhadap obat-obataan," ujar Irayanti dalam video yang diterima Kompas.com dari humas RSHS, Jumat (9/7/2021).

Irayanti mengaku, obat yang tidak ada adalah actemra. Actemra merupakan obat yang telah memeroleh rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat.

"Actemra tidak ada, kami lagi minta ke Farmakes. Untuk obat yang lain, satu bulan ke depan masih tersedia," tutur dia.

Selain itu, Irawati menjelaskan kondisi kesehatan tenaga kesehatan (nakes) di RSHS. Ia mengungkapkan, dibanding Mei 2021 terjadi peningkatan kasus.

Dari hasil screening massal, sebanyak 200 dari 3.000 tenaga kerja di RSHS positif terpapar Covid-19. Para nakes tersebut ada yang dirawat, ada pula yang menjalankan isolasi mandiri (isoman).

Untuk mengatasi kekurangan nakes, pihaknya melakkan penambahan relawan. Selain itu, karena ada peralihan dari ruang non Covid-19 menjadi Covid-19, maka ada pengalihan tenaga kerja.

Untuk bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur Covid-19, Irawati mengatakan terjadi peningkatan. Dibanding Mei 2021, ruang ICU naik 30 persen dan ruang isolasi biasa naik 50 persen.

"Setelah melakukan penambahan, kami kini memiliki 321 tempat tidur ICU dan ruang isolasi biasa," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/09/170420678/kondisi-terkini-rshs-bandung-beberapa-item-obat-covid-19-kritis-actemra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke