Salin Artikel

49 Warga Desa di Purbalingga Terpapar Covid-19, 2 Meninggal

PURBALINGGA, KOMPAS.com- Sebanyak 49 orang warga RT 2 dan 4 RW 5 Desa Selabaya, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah terpapar Covid-19.

Bidan Desa Selabaya, Marisha Eka mengatakan, tiga orang dinyatakan sembuh, dua orang meninggal dan 44 orang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Dari hasil tracing, warga yang terkonfirmasi positif umumnya tertular dari klaster keluarga, klaster pekerja pabrik dan lainnya.

Mereka terus mendapat pemantauan dari tenaga kesehatan dan perhatian Satgas Jogo Tonggo.

“Kami sudah memantau setiap harinya, keadaan yang isoman semuanya sehat. Sementara yang meninggal dulu di rumah sakit karena faktor lansia dan punya penyakit komorbid,” katanya melalui rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Akibat banyaknya warga yang terpapar Covid-19, Pemerintah Desa Selabaya menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Komandan Kodim 0702 Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas turun langsung untuk memantau pelaksanaan isolasi mandiri warga. Petugas juga menempelkan stiker penanda untuk rumah yang penghuninya menjalai isolasi mandiri.

“Kegiatan pemasangan stiker ini agar mudah dalam memonitor perkembangan kesehatan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Agar ke depannya bisa kita pantau hingga akhir,” kata Decky.

Stiker yang ditempelkan bertuliskan informasi ‘Penghuni Rumah Ini Sedang Melakukan Isolasi Mandiri’. Selain itu juga terdapat kolom nomor, nama, tanggal mulai Isoman dan tanggal selesai Isoman.

“Besok rencana akan dilaksanakan penyuntikan multivitamin untuk warga yang terkonfirmasi positif. Mudah-mudahan pemberian multivitamin ini bisa mempercepat proses penyembuhan,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/07/120659678/49-warga-desa-di-purbalingga-terpapar-covid-19-2-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke