Salin Artikel

Ini Kondisi Stok Oksigen Toko hingga Rumah Sakit di Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.com - Stok tabung oksigen di Palembang, Sumatera Selatan mulai mengalami kelangkaan sejak tiga hari terakhir.

Pantauan Kompas.com di lapangan, kelangkaan tabung oksigen itu terlihat di toko alat kesehatan Amifa Medica Indonesia Jalan Jenderal Sudirman, Palembang.

Ada pun tabung oksigen dengan kapasitas 1 sampai 1,5 kubik telah kosong sejak tiga hari terakhir. Padahal, kelangkaan tak pernah terjadi di toko tersebut.

"Sebelumnya kami stok 50 sampai 60 tabung, tetapi sekarang sudah habis," kata Tri, Selasa (6/7/2021).

Menurut Tri, tak ada kenaikan harga untuk penjualan tabung oksigen di Palembang.

Seperti untuk tabung ukuran 1 kubik tetap dijual seharga Rp 1,3 juta. Sementara, untuk tabung oksigen satu kali pakai dijual seharga Rp 60 ribu.

"Jenis Oxycan juga hari ini sudah habis, banyak yang isolasi mandiri sehingga tabung oksigen habis,"ujarnya.

Saat ini, mereka hanya melayani untuk isi ulang tabung oksigen. Sementara untuk tabung dengan kapasitas 1 kubik seharga Rp 40.000 dan ukuran 1,5 kubik dijual seharga Rp 50.000.

"Belum tahu kapan masuk lagi untuk tabung oksigen," jelasnya.


Hal sama juga terlihat di toko alat kesehatan Graha Medika. Seluruh tabung oksigen ukuran 1 kubik telah habs sejak tiga hari lalu.

Sehingga, mereka hanya melayani isi ulang oksigen.

"Paling banyak isi ulang itu satu pekan kemarin, tetapi sekarang untuk tabung sudah tidak ada lagi. Kami hanya melayani isi ulang saja," kata Yulia salah satu staf toko.

Sebelumnya, penjualan tabung oksigen menurut Yulia tak pernah habis. Bahkan mereka sebelumnya sempat menyetok 30 tabung.

Namun dalam lima hari, seluruh tabung itu telah habis terjual.

"Kami (jual) Rp 1,5 juta untuk 1 kubik, tetapi sekarang sudah kosong," jelas Yuli.

Yuli pun tak menyangkal jika banyaknya warga yang melakukan isolasi mandiri membuat tabung oksigen menjadi barang langka karena dibutuhkan warga yang terpapar Covid-19.

"Semua yang beli rata-rata untuk pakai sendiri karena sedang isolasi," ujarnya.

Stok oksigen RS aman

Sementara itu, Pelaksana Tugas Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Palembang, Fauzia mengatakan, sampai saat ini kebutuhan oksigen di rumah sakit masih aman.

"Mungkin itu yang isolasi mandiri, kalau untuk kebutuhan oksigen di rumah sakit sejauh ini masih aman," kata Fauzia melalui sambungan telepon.

Fauzia menjelaskan, ketersediaan stok oksigen di Palembang dijamin tak akan berkurang. Sebab, PT Pusri mendukung pasokan oksigen jika nantinya terjadi kelangkaan.

"Penggunaan oksigen tergantung saturasi oksigen pasien, kalau dari pantauan rumah sakit secara online, sejauh ini masih rata-rata sesuai kebutuhan," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/06/150617778/ini-kondisi-stok-oksigen-toko-hingga-rumah-sakit-di-palembang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke