Salin Artikel

Sehari, 349 Kasus Covid-19 Baru Ditemukan di Maluku, 3 Meninggal Dunia

Data yang diterima Kompas.com dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku per Senin (5/7/2021) ada penambahan kasus baru sebanyak 349 kasus.

“Untuk hari ini ada penambahan lagi sebanyak 349 kasus baru,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Maluku, dr Doni Rerung kepada Kompas.com saat dikonfirmasi via telepon seluler, Senin malam.

Kota Ambon terbanyak

Dari 349 kasus baru di Maluku, paling banyak berasal dari Kota Ambon yakni sebanyak 191 kasus dan Kabupaten Kepulauan Aru sebanyak 113 kasus.

Selain tiga daerah di atas, kasus baru juga bertambah di sejumlah daerah lainnya di antaranya Kota Tual 16, Kabupaten Buru 14, Maluku Tengah 12, Seram Bagian Barat  dan Kepulauan Tanimbar masing 1 kasus baru.

Sedangkan pasien sembuh hanya bertambah dari Kepulauan Aru sebanyak 57 dan Ambon 2 pasien sembuh.

“Selain penambahan 349 kasus baru, hari ini juga ada tiga pasien meninggal dunia, sama dengan kemarin juga tiga pasien meninggal,” katanya.

“Ini kondisi yang sangat mencekam, kalau warga tidak juga sadar untuk menerapkan protokol kesehatan maka kondisi di India bisa saja terjadi di Maluku,” katanya.

Terkait lonjakan jumlah kasus baru yang sangat tinggi di Maluku Doni mengaku pihaknya masih menyelidiki, apakah sudah ada varian delta atau faktor lain.

“Kita masih terus mencari tahu apa jenis virus di Maluku ini apakah sudah ada varian delta di Maluku, kita sudah kirim sampel ke Jakarta dan kita masih menunggu hasilnya. Yang jelas musim penghujan juga memengaruhi penyebaran virus di masyarakat,” ungkapnya.

Dengan penambahan 349 kasus baru maka jumlah kasus terkonfirmasi di Maluku hingga saat ini bertambah menjadi 9.694 kasus.

Dari jumlah itu, sebanyak 7.790 pasien telah dinyatakan sembuh, 152 pasien dinyatakan meninggal dunia dan 1.752 pasien masih menjalani perawatan. 

https://regional.kompas.com/read/2021/07/05/201021578/sehari-349-kasus-covid-19-baru-ditemukan-di-maluku-3-meninggal-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke