Salin Artikel

Hari Pertama PPKM Darurat Yogyakarta, Wakil Wali Kota Sebut Banyak Warga Kebingungan

KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Yogyakarta sempat membuat warga kebingungan, Sabtu (3/7/2021).

Hal itu, menurut Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, disebabkan karena singkatnya masa sosialisasi dan belum adanya pemahaman yang sama soal PPKM Darurat.

“Hari ini Sabtu dan seterusnya tidak ada masa sosialisasi semua harus menjalankan. Meskipun Hari pertama ini masih banyak yang kebingungan, ini karena pemahaman belum sama, saat ini juga dilakukan penertiban dan informasi pelaksanaan PPKM,” kata dia.

Namun demikian, dirinya tetap meminta masyarakat Yogyakarta untuk patuh terhadap aturan petugas.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Yogyakarta juga akan menggelar patroli gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Damkar, Dishub, TNI, Polri.

Heroe menjelaskan, selama PPKM Darurat sejumlah lokasi wisata ditutup sementara.

Selain itu, kantong-kantong parkir yang dikelola pemerinta juga tak diizinkan beroperasi. Bus-bus pariwisata pun tak diizinkan untuk masuk ke Kota Yogyakarta.

“Destinasi wisata di Kota Yogyakarta sudah tutup semua, pertokoan yang tidak menyangkut kebutuhan sehari-hari juga tutup. Sekarang sedang kita kondisikan semuanya,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).


Untuk membatasi mobilitas masyarakat, Pemkot Yogyakarta juga melakukan penyekatan sejumlah jalan.

“Kita akan lakukan penyekatan seperti di Jalan Solo, Jalan Magelang, dan di barat di Wirobrajan, Jalan Parangtritis, dan ada juga di Gedongkuning. Kita lakukan penyekatan-penyekatan,” kata Heroe.

(Penulis Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo | Editor Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/07/04/082836378/hari-pertama-ppkm-darurat-yogyakarta-wakil-wali-kota-sebut-banyak-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke