Salin Artikel

Fakta Seputar Gempa M 5,5 Bengkulu, Warga Panik hingga Imbauan BMKG

KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gempa bumi 5,5 magnitudo di Kabupaten Seluma, Bengkulu, Sabtu (3/7/2021) terjadi karena aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Titik episenter gempa bumi tersebut berada di koordinat 4.36 Lintang Selatan, 102.34 Bujur Timur atau 41 kilometer Barat Daya Seluma dengan kedalaman 26 kilometer.

Namun, gempa yang berpusat di laut tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG meminta warga untuk tenang dan tak terpengaruh informasi yang keliru. 

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," papar Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, dilansir dari Antara, Sabtu (3/7/). 

Kesaksian warga

Sementara itu, sejumlah warga Kota Bengkulu mengaku panik saat gempa bumi terjadi sekitar pukul 20.09 WIB.

Supratman, Ketua RT 02 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, mengaku dinding rumahnya sempat bergetar kuat.

"Gempa ini cukup kuat sampai dinding rumah bergetar lumayan kencang dan hampir seluruh warga berlarian keluar rumah," katanya, dilansir dari Antara, Sabtu. (Aprillia Ika).

https://regional.kompas.com/read/2021/07/04/063627178/fakta-seputar-gempa-m-55-bengkulu-warga-panik-hingga-imbauan-bmkg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke