Salin Artikel

ITB Anugerahkan Doktor Kehormatan untuk Sam Bimbo, Nyoman Nuarta, dan Bambang Brodjonegoro

Mereka adalah musisi Raden Muhamad Samsudin Dajat Hardjakusumah alias Sam Bimbo, seniman Nyoman Nuarta, dan mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

Pemberian gelar honoris causa tersebut dilakukan secara virtual.

"Sam Bimbo menerima doktor HC dalam bidang seni dan religiositas," ujar Ketua Tim Promotor Prof Setiawan Sabana dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Setiawan mengatakan, kandidat diberi gelar kehormatan karena memiliki prestasi dan reputasi tinggi dalam pengembangan karya seni lukis dan seni musik melalui pendekatan berbasis religi.

Sedangkan Nyoman Nuarta menerima gelar doktor HC sebagai tokoh culturepreneur dalam bidang ilmu seni rupa (patung) atas inovasi yang telah dilakukan dalam pengembangan seni patungnya, antara lain pendekatan baru dalam bahasa bentuk realis-figuratif.

Berbagai kepeloporan Nyoman Nuarta menginspirasi dan mendorong semangat entrepreneurship seni guna menjadi penggerak dalam mencapai kemandirian ekonomi Indonesia.

Caranya, melalui pemberdayaan intellectual capital kekayaan identitas seni-budaya nasional. Nyoman juga terkenal dengan karya monumentalnya patung Garuda Wisnu Kencana.

“Nyoman Nuarta telah membuat ITB semakin bangga akan kekuatan keberagaman para alumni ITB dalam menjaga dan membesarkan kehormatan ITB," ungkap dia.

Adapun Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dianugerahi doktor HC atas gagasan dan inovasinya dalam keilmuan perencanaan pengembangan wilayah dan kota.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/03/170258878/itb-anugerahkan-doktor-kehormatan-untuk-sam-bimbo-nyoman-nuarta-dan-bambang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke