Salin Artikel

Berburu Tabung Oksigen di Banjarnegara, Sehari Butuh 100 Tabung, Pegawai RS Temui Peternak Ikan

Menurut Direktur RSI dr Agus Ujianto, pihaknya berburu stok oksigen hingga ke beberapa peternak ikan di wilayah Banjarnegara.

Beruntung para peternak ikan merelakan stok oksigen yang dimiliki untuk kesehatan dan kemanusian.

"Kami sangat berterimakasih kontribusi peternak ikan di Banjarnegara," katanya, Rabu (30/6/2021) dikutip dari Tribun Jateng.

Ia menyebut tiap hari rumah sakit membutuhkan oksogen sedikitnya 100 tabung per hari dengan jumlah isolasi 50 tempat tidur.

Jika dalam kondisi tidak baik, satu pasien membutuhkan satu tabung besar yang habis dalam waktu satu jam.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bagian Pelayanan Penunjang Medis RSI dr Masrurotut Daroen.

Ia mengatakan satu tabung oksigen saat ini sangat berharga. Bahkan pihaknya berburu oksigen hingga ke kabupaten tetangga seperti Temanggung

"Kami sampai jemput di Temanggung, ada satu tabung tetap kita ambil demi kemanusiaan. Dan oksigen yang kita gunakan sama dengan yang biasa digunakan tukang las. Maupun peternak ikan," katanya.

Dengan jumlan pasien 50 orang, mereka membutuhkan oksigen 100 tabung beukuran besar dan biasanya untuk stok hingga tiga hari.

"Namun saat ini, stok hanya cukup untuk kebutuhan satu hari saja. Sekarang dapat stok, besok harus cari lagi," terangnya.

Sementara itu Direktur RSI dr Agus Ujianto mengaku sudah melayangkan surat kepada pucuk pimpinan di Banjarnegara untuk mengatur regulasi oksigen.

Ia juga berharap Banjarnegara mampu membuat oksigen yang dibutuhkan saat ini.

"Kelangkaan gas oksigen ini karena lonjakan pasien.Kalau ada pabrik khusus di Banjarnegara akan sangat membantu," kata Agus.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Berburu Tabung Oksigen, Karyawan RS di Banjarnegara Datangi Peternak Ikan hingga Tukang Las

https://regional.kompas.com/read/2021/07/02/060700978/berburu-tabung-oksigen-di-banjarnegara-sehari-butuh-100-tabung-pegawai-rs

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke