Salin Artikel

Pasien Covid-19 Membeludak, RSU Smart Pamekasan Bangun Tenda Darurat

Sampai hari ini, jumlah pasien yang sudah dirawat di rumah sakit milik Pemkab Pamekasan ini, sudah mencapai 80 orang. 

Ketua Satgas penanganan pasien covid-19 rumah sakit Smart Pamekasan Syaiful Hidayat menjelaskan, seluruh ruang isolasi dan bed pasien covid-19 sudah terisi.

Bahkan, ruang pemeriksaan pasien di Unit Gawat Darurat (UGD), sudah berubah fungsi sebagai ruang isolasi pasien covid-19. 

"15 bed yang ada di UGD, sekarang sudah kita permak menjadi ruang isolasi pasien covid-19," ujar Syaiful Hidayat melalui sambungan telepon seluler, Rabu (30/6/2021). 

Dokter yang akrab disapap Yayak ini menambahkan, untuk UGD saat ini menggunakan tenda darurat yang dibangun di depan rumah sakit.

Ada 15 tempat tidur untuk pemeriksaan pasien yang datang ke rumah sakit. Setiap pasien yang datang, akan dilayani di tenda darurat tersebut sebagai ganti ruang UGD. 

"Jumlah bed yang ada di tenda darurat bisa kita tambah sesuai dengan kebutuhan karena tidak ada batasan. Berbeda dengan ruang UGD yang ada, kapasitasnya hanya 15 bed saja," imbuh Yayak. 

Tahap pertama pada pertengahan Juni kemarin, ada 40 tempat tidur yang disediakan.

Seiring bertambahnya pasien, manajemen rumah sakit menambah tempat isolasi pasien dengan volume 20 pasien.

Namun, tambahan tersebut masih belum juga bisa menampung semua pasien. 

"Sudah kami tambah 40 bed untuk pasien covid-19, termasuk 15 bed yang saat ini ada di UGD juga khusus pasien covid-19," kata Farid Anwar, direktur rumah sakit Smart Pamekasan. 

Dengan terus bertambahnya tempat perawatan bagi pasien covid-19, banyak ruangan pasien umum yang dialihkan menjadi ruang isolasi pasien covid-19. 

"Secara otomatis, tidak hanya ruangan pasien umum yang kita manfaatkan, tenaga medis pasien umum juga kita alihkan karena kondisinya sudah membeludak," ungkap Farid. 

Pada hari ini, berdasarkan laporan Satgas covid-19 Kabupaten Pamekasan, ada tambahan 13 kasus baru.

Total pasien yang sedang menjalani isolasi saat ini sebanyak 92 orang dan yang sudah meninggal dunia sebanyak 108 orang. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/30/190615778/pasien-covid-19-membeludak-rsu-smart-pamekasan-bangun-tenda-darurat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke