Salin Artikel

Banyuwangi Jadi Zona Merah Covid-19, Kasus Baru dan Kematian Tinggi

Hal ini disebabkan lantaran lonjakan kasus baru konfirmasi positif Covid-19 dan angka kematian yang tinggi

Selain itu juga, status zona merah dipengaruhi oleh Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterpakaian ranjang pelayaan Covid-19 yang tinggi.

"Betul zona merah, tingkat penyebaran atau penularan tinggi ditandai dengan meningkatnya kasus positif. Tingkat kematian meningkat, dan BOR tinggi," kata Wakil Satgas Covid-19 Banyuwangi Wakil Ketua Satgas Covid-19 Letkol Inf Yuli Eko Purwanto saat dihubungi, Selasa (29/6/2021).

Ia mengatakan secepatnya Satgas Covid-19 akan melakukan rapat koordinasi untuk mengambil langkah menurunkan angka penularan dan kematian.

Satgas Covid-19 Banyuwangi, kata Yuli, juga sudah menerbitkan surat edaran tentang pembatasan kegiatan masyarakat dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19.

"Memperketat semua apa yang ada di surat edaran, akan kita perketat kembali sehingga dalam waktu dekat kita turunkan angka positif," katanya.

Pihaknya telah memanggil enam rumah sakit rujukan untuk menambah jumlah ruang isolasi dan ruang ICU untuk pasien Covid-19.

"Maka yang paling mungkin dan paling rasional adalah meminta komitmen enam RS rujukan untuk menambah ruang ICU dan ruang isolasi," kata Rio, di kantornya Selasa.

Enam rumah sakit rujukan Covid-19 di Banyuwangi adalah RSUD Blambangan dan Genteng, RS Al Huda, RS Bhakti Husada, RSI Fatimah, dan RS Graha Medika.

Dia memaparkan, tingkat kematian di Banyuwangi saat ini mencapai 9,8 persen.

Menurutnya semua kematian ini hampir semua terjadi di rumah sakit. Kemudian pasien datang sudah dalam kondisi berat.

"Jadi untuk mencegah supaya tak datang dengan kondisi berat, maka akan kami edukasi di faskes tingkat pertama untuk bisa mengirim lebih cepat," kata dia.

Per Selasa (29/6/2021), sebanyak 47 kasus baru terkonfirmasi di Banyuwangi.

Secara total jumlah warga yang terpapar sebanyak 7.373, kasus sembuh 6.161, meninggal 724, dan kasus aktif 488.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/29/190647278/banyuwangi-jadi-zona-merah-covid-19-kasus-baru-dan-kematian-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke