Salin Artikel

Magelang Zona Merah Covid-19, Semua Obyek Wisata Ditutup

Penutupan ini dilakukan karena Kabupaten Magelang masuk zona merah atau daerah dengan risiko tinggi penularan Covid-19. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, penutupan ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 yang melonjak beberapa waktu terakhir ini. 

“Sesuai dengan SE Gubernur Jawa Tengah dan SE Bupati Magelang, destinasi wisata untuk sementara ini ditutup terlebih dahulu. Ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan supaya virus ini tidak berkembang,” kata Nanda dalam keterangan pers, Senin (28/6/2021). 

Nanda berujar, penutupan ini berlaku sampai kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Magelang mereda atau minimal masuk zona oranye (risiko sedang penularan Covid-19). 

“Sampai dengan zona kita kembali ke oranye,” ucapnya. 

Di sektor lainnya, antara lain di pusat perdagangan, mal, dan pasar tradisional dilakukan pembatasan kapasitas dan jam operasinal.

Jam operasional pusat perdagangan dan mal hingga pukul 20.00 WIB, sedangkan pasar tradisional sampai pukul 14.00 WIB. 

“Untuk pusat perdagangan, mal, pasar tradisional tetap bisa beroperasi, tetapi sekali lagi dalam kapasitas yang sangat terbatas. Untuk mal, pusat perbelanjaan hanya diperlakukan sampai dengan jam 20.00, itu pun memberlakukan kapasitas hanya 25 persen," paparnya. 

Dihubungi terpisah, Ketua Forum Daya Tarik Wisata (DTW) Kabupaten Magelang Edward Alfian mengaku sangat prihatin dengan penutupan ini.

Diharapkan penutupan ini menjadi upaya bersama sehingga Kabupaten Magelang menjadi zona hijau. 

“Kami sangat prihatin. Penutupan ini mudah-mudahan menjadi ikhtiar bersama sehingga Magelang menjadi hijau lagi. Jadi mau tidak mau kita harus taat, patuh terhadap apa yang menjadi keputusan pemerintah," tandasnya.

Ia berharap dukungan masyarakat dengan lebih meningkatkan protokol kesehatan (prokes) agar sendi-sendi kehidupan normal lagi, tidak terkecuali sektor pariwisata.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/29/110757078/magelang-zona-merah-covid-19-semua-obyek-wisata-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke