Salin Artikel

Cerita di Balik Suami Bongkar Makam Istri Positif Covid-19 di Banten

KOMPAS.com - Aksi pembongkaran makam pasien positif Covid-19 di Kampung Cidadap, Kelurahan Tinggar, Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten, menjadi viral di media sosial.

Pembongkaran makam Aisah (45) tersebut dilakukan oleh suaminya sendiri, Zahroni, lima hari setelah pemakaman, Sabtu (26/6/2021) di TPU Cidadap.

Kepada Kompas.com, Zahroni mengaku ragu istrinya meninggal karena Covid-19.

"Terus terang saja, semua anak anak saya, dan saya sendiri selalu ada ganjalan aja. Kayanya gimana sih ada yang disembunyikan, jadi saya penasaran. Anak saya minta dibuka lagi (makam), saya ikutin biar anak merasa tenang," kata Zahroni kepada wartawan di rumahnya. Senin (28/6/2021).

Setelah dibongkar, keluarga memandikan jenazah Aisah, dishalatkan, dan dikafani kembali sesuai syariat Islam.

Gejala asma dan demam

Menurut Zahroni, istrinya sempat dirawat selama 3 hari Rumah Sakit Banten karena mengeluhkan asma dan demam.

Lalu, di hari ketiga, istrinya dinyatakan meninggal dengan status positif Covid-19. Di lain pihak, keluarga Zahroni mengaku tidak pernah mendapatkan surat hasil swab.

"Saya mau menanyakan ke rumah sakit yang sesungguhnya. bilangnya gitu (positif). Tapi nyatanya tanda buktinya suratnya tidak ada selembar pun, adanya surat kematian saja. Tidak ada surat bukti bahwa istri saya kena Covid, sampai sekarang belum," katanya.

Sementara itu, menurut Lurah Tinggar Ahmad Bazuri, surat hasil tes swab almarhum keluar setelah pemakaman.

Surat itu menyebutkan, almarhum positif terpapar Covid-19.

"Sudah eksekusi (makam dibongkar) ada WhatsApp ke saya dari pihak Puskesmas bahwa almarhum dinyatakan positif, langsung saya share ke keluarga hasil dari rumah sakit," kata Bazuri.

(Penulis: Kontributor Serang, Rasyid Ridho | Editor: Aprillia Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/29/070403878/cerita-di-balik-suami-bongkar-makam-istri-positif-covid-19-di-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke