Salin Artikel

RS di Yogyakarta Penuh, BOR ICU Capai 97 Persen, Satgas: Kami Siapkan Shelter Tambahan

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa rumah sakit di Kota Yogyakarta penuh, Bed Occupancy Ratio (BOR) Intensive Care Unit (ICU) sudah mencapai 97 persen.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, kondisi rumah sakit di Kota Yogyakarta beberapa sudah penuh untuk merawat pasien Covid-19.

"Ya kondisi rumah sakit di Kota Yogya memang sudah mepet ketersediaan tempat tidurnya. Beberapa rumah sakit sudah penuh. Tetapi yg lain masih tersedia juga kamarnya, untuk ICU 97 persen dipakai, non ICU 92 persen, dan IGD 87 persen," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Senin (28/6/2021).

Untuk mengatasi rumah sakit yang penuh, Heroe mengaku telah meminta pihak rumah sakit rujukan Covid-19 untuk menambah kapasitas tempat tidur. 

Selain itu pihaknya juga sedang mempersiapkan shelter tambahan atau rumah sakit darurat tambahan untuk menampung pasien kategori ringan hingga sedang.

"Saat ini Pemkot Yogyakarta sudah menyiapkan shelter atau rumah sakit darurat tambahan. Terutama untuk menampung pasien kategori ringan dan sedang," jelas dia.

Pihaknya juga sudah mendapatkan persetujuan dari balai diklat kementerian untuk memanfaatkan gedung sebagai lokasi shelter atau rumah sakit darurat.

"Kami secara lisan sudah mendapatkan persetujuan sebuah tempat balai Diklat Kementerian. Resminya sedang berjalan untuk diperoleh," tambah Heroe.

Heroe menambahkan selain shelter di Bener, Tegalrejo, yang bisa digunakan untuk pasien gejala ringan hingga sedang masyarakat juga bisa memanfaatkan shelter-shelter yang berada di RW maupun RK (Rukun Kampung). 

"Termasuk sejumlah rumah dinas Mantri PP atau Camat. Pemkot juga sudah menyiapkan tempat manakala jumlah kasus semakin tinggi dan perlu menambah kamar shelter," kata dia.

Tak hanya tempat saja yang disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, tetapi Sumber Daya Manusia (SDM) juga sedang diusahakan penambahan agar bisa melayani di shelter atau rumah sakit darurat nantinya.

"Pemkot sudah meminta izin ke PPSDM untuk bisa mengajak nakes Pemkot yang sedang melakukan Diklat. Agar memperkuat kesiapan nakes melayani pasien. Selain itu juga sedang kita koordinasikan dengan sejumlah kampus kedokteran dan perawatan untuk bisa membantu mengatasi persoalan kasus Covid-19 yang meningkat ini," jelas Heroe.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/29/062154778/rs-di-yogyakarta-penuh-bor-icu-capai-97-persen-satgas-kami-siapkan-shelter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke