Salin Artikel

Pasien Menumpuk Belum Dapat Ruangan, IGD RSUD Bantul Tutup Pelayanan

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Manajemen RSUD Panembahan Senopati (RSPS) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terpaksa menutup sementara pelayanan hingga Selasa (29/6/2021) malam. Hal ini karena banyaknya pasien.

"Iya benar (IGD tutup sementara), itu mulai jam 8 malam, Minggu (27/6/2021)," kata  Kepala Subbag Hukum, Pemasaran dan Kemitraan RSPS Bantul Siti Rahayu Ningsih saat dihubungi wartawan, Senin (28/6/2021) pagi.

Dijelaskannya, penutupan sementara ini karena banyak pasien yang masih ada di IGD dan belum mendapatkan ruangan perawatan.

"Jadi semuanya dirawat di IGD, nah kalau IGD penuh maka tidak bisa rawat. Meski di IGD ada ruangan terbuka dan ditutup, tapi kalau ruang tirai sudah masuk pasien Covid-19 ya sudah tidak lagi tidak bisa menerima pasien non Covid-19,"  kata Siti.

Siti mengatakan, pihaknya rencananya akan menutup IGD sampai Selasa malam pukul 22.00 WIB. Namun masih melihat perkembangan lebih lanjut. 

"Kalau misalnya sampai nanti malam pasien sudah bisa terurai, tidak terjadi penumpukan ya kita buka lagi (IGD). Tapi kalau tidak bisa terurai waktu bukanya terpaksa mundur lagi," kata Siti

Terkait, ruangan inap bagi pasien Covid-19. Dia mengatakan masih penuh. Pasien yang masuk pun kategori berat. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/28/082005378/pasien-menumpuk-belum-dapat-ruangan-igd-rsud-bantul-tutup-pelayanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke