Salin Artikel

Ini Pengakuan 2 Penumpang Pesawat yang Ketahuan Bawa Surat Swab PCR Diduga Palsu

KOMPAS.com - Dua penumpang pesawat Lion Air rute Surabaya-Pontianak ketahuan membawa surat keterangan tes swab polymerase chain reaction (PCR) yang diduga palsu.

Kedua penumpang berinisial RN dan SH mengaku mendapat surat itu dari calo di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur.

"Saya tanya orang travel, (katanya) ada oknum yang menawarkan PCR tanpa tes, saya tanya, dijamin tidak keamanannya, yang bersangkutan memastikan aman, karena sebelumnya sudah ada juga orang yang dapat surat PCR tanpa tes," ujar RN, Jumat (25/6/2021).

Adapun SH, yang merupakan teman RN, mengaku hanya ikut-ikutan. Pasalnya, kata SH, dirinya dan RN sama-sama akan pulang ke Pontianak.

"Sebenarnya saya tidak tahu dan termasuk yang ikut teman saya, jadi ikut saja dan kami tujuannya sama. Kemarin dari Pontianak ke Surabaya, lalu dari Surabaya ke Pontianak, ngantar anak mondok," ucapnya.

Surat hasil swab PCR itu ditawarkan oleh calo seharga Rp 800.000.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson menerangkan, RN dan SH ketahuan menggunakan surat PCR palsu saat akan di-swab ulang di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Surat swab PCR diduga palsu itu tertulis dikeluarkan oleh salah satu klinik.

“Di pesawat Lion Air pada Selasa, 22 Juni 2021, ada dua penumpang positif Covid-19, mereka membawa surat keterangan swab PCR Klinik Kantor Gubernur, setelah kami cek ternyata palsu,” bebernya, Jumat.

Harisson menjelaskan, di dalam surat itu memang terdapat barcode yang bisa dipindai.

“Memang bisa dipindai, tapi sekarang, dengan teknologi itu bisa dilakukan,” paparnya.

Soal surat yang dijual calo itu, Harisson meminta pihak berwajib untuk mengambil tindakan hukum.

"Sudah ada pengakuan dari penumpang pesawat Lion Air dari Surabaya ke Pontianak. Mereka ternyata ditawarkan calo-calo untuk mendapatkan surat PCR palsu. Saya harap aparat mengambil tindakan hukum mencari para calo-calo ini," ungkapnya kepada wartawan.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Pontianak, Hendra Cipta | Editor: Dony Aprian, Khairina, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/26/080220478/ini-pengakuan-2-penumpang-pesawat-yang-ketahuan-bawa-surat-swab-pcr-diduga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke