Salin Artikel

Foto Pasien Covid-19 Berjejer di Lobi IGD RSHS Bandung, Ini Klarifikasinya

Foto tersebut diberi narasi yang menjelaskan bahwa jumlah pasien Covid-19 di RSHS membeludak sehingga terpaksa dirawat di lobi atau selasar.

Saat dikonfirmasi, Pelaksana harian (Plh) Direktur Pelayanan Medik, Perawatan dan Penunjang RSHS Yana Akhmad Supriatna membenarkan foto tersebut.

"Foto itu betul kondisi RSHS 2-3 hari yang lalu," ujar Yana dalam video yang diterima Kompas.com dari humas RSHS, Kamis (24/6/2021).

Yana mengatakan, saat itu terjadi peningkatan kedatangan 50 pasien yang hampir bersamaan.

Kemudian ditambah 20 pasien yang memang sudah ada di IGD, sehingga jumlahnya menjadi 70 pasien.

Hal tersebut membuat perawatan dan pelayanan mulai bergeser ke arah lobi atau selasar IGD.

Pihaknya pun menempatkan beberapa blankar atau tandu lipat di sana untuk observasi sebelum pasien direlokasi ke ruangan.

"Foto itu bukan dari kami, pegawai, atau atas izin kami, karena itu berkaitan dengan hak privasi pasien," ujar Yana.



Ia berharap, kejadian serupa tidak terulang, karena ini menyangkut privasi pasien.

Mengenai kondisi saat ini, Yana mengatakan, antrean di selasar IGD sudah tidak ada, karena para pasien sudah direlokasi ke ruang perawatan.

Selain itu, RSHS sudah menambah tempat tidur, sehingga tingkat keterisian tempat tidur atu bed occupancy rate (BOR) Covid-19 sedikit menurun dari sebelumnya.

Saat ini, RSHS sedan merawat 197 pasien yang terdiri dari 155 pasien di ruang isolasi non-intensif dan 42 di ruang intensif.

Sedangkan hingga 23 Juni 2021, jumlah pasien yang dirawat mencapai 206 pasien, dari kapasitas 231 tempat tidur atau BOR pada tingkat 89,18 persen.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/24/182730878/foto-pasien-covid-19-berjejer-di-lobi-igd-rshs-bandung-ini-klarifikasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke