Salin Artikel

Jalan Akses Terminal Pakupatan Serang Rusak, Warga Tanami Pohon Pisang

SERANG, KOMPAS.com - Warga Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang menanam pohon pisang di jalan akses menuju Terminal Pakupatan, Serang.

Aksi Penanaman pohon pisang tersebut sebagai bentuk protes karena jalan rusak tak kunjung diperbaiki bertahun-tahun.

Ketua RW 09 Banjar Agung Arief Aminudin mengatakan, aksi yang dilakukan sejak Minggu (20/6/2021) merupakan puncak kekecewaan warga karena permintaan perbaikan jalan tak kunjung direspon oleh intansi terkait.

"Jalan sudah rusak bertahun-tahun, sudah hampir lima tahunan engga pernah benar. Saya sudah mengajukan ke Walikota, Dewan, ternyata belum ada tanggapan," kata Arief kepada Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Bahkan, akibat jalan rusak tersebut menyebabkan banyak pengendara kendaraan terutama roda dua mengalami kecelakaan.

"Itu kan jalan rusak parah, tidak layak dilalui. Menimbulkan beberapa kali kecelakaan. Terakhir kejadian kemarin ibu-ibu hamil jatuh," ujar Arief.

Tidak adanya respon dari pemerintah, warga sempat swadaya untuk memperbaiki jalan rusak.

Namun, karena perbaikan seadanya, jalan rusak lagi karena kendaraan yang melintas kendaraan besar seperti bus, truk proyek perumahan, hingga alat berat.

"Ini kan akses jalan menuju ke terminal Pakupatan, bus lewat. Jadi rusak lagi, rusak lagi. Warga sudah capek, sudah jenuh," ucap Arief.


Aksi protes warga tersebut tidak akan dihentikan hingga ada respon baik dari pemerintah untuk memperbaiki jalan yang berada di pusat dan pintu masuk Kota Serang itu.

Salah satu warga, Ahmad Faisal mengaku menginginkan adanya jalan yang layak dilintasi oleh masyarakat.

"Warga Protes karna memang bagiamana pun butuh jalan yang layak, gak perlu bagus. Banyak warga jadi korban kecelekaan, siapa yang akan tanggung jawab," kata Faisal.

Sementara itu, Wali Kota Serang, Syafrudin mengaku permasalahan rusaknya jalan akses menuju Terminal Pakupatan menjadi kewenangan Kementrian Perhubungan.

Sehingga, perbaikan jalan bukan menjadi tugas Pemerintah Kota Serang. Namun, Syafrudin mengupayakan untuk segera memperbaiki.

"Lagi dibahas. Sebab (aset jalan) kami tidak ngaku, provinsi tidak ngaku, pemerintah pusat juga tidak ngaku. Kami lagi disinkronkan (masalah jalan rusak)," kata Syafrudin. Rabu (23/6/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/06/23/201616578/jalan-akses-terminal-pakupatan-serang-rusak-warga-tanami-pohon-pisang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke