Salin Artikel

Pos Penyekatan Suramadu Sisi Bangkalan Ditiadakan, Begini Kata Warga yang Melintas

Pantauan Kompas.com, seluruh petugas dari dinas kesehatan dan polisi juga tidak terlihat di pos penyekatan tersebut.

Tenda Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dijadikan sebagai tempat aktivitas pengambilan sampel tes cepat antigen juga sudah tidak ada sejak Rabu (23/6/2021).

Sejumlah pengendara roda dua dan empat terpantau melaju tanpa hambatan menuju Kota Surabaya.

Salah satu warga Tanah Merah, Bangkalan, Heri mengaku kaget dan sempat berhenti karena tak melihat tenda pengambilan tes cepat antigen di lokasi.

Heri yang hendak menuju Surabaya itu sempat mengabari keluarganya tentang hal itu.

"Saya mengabari saudara kalau di sisi Bangakalan sudah tidak ada swab lagi, kurang paham kalau di sisi Surabaya masih mau lewat ini," kata dia saat berbincang di lokasi, Rabu.

Di satu sisi, ia bersyukur posko penyekatan itu ditiadakan. Namun, di sisi lain, ia khawatir dengan penanganan Covid-19.

"Saya sudah mengurus SIKM, tapi semoga saja segera normal seperti dulu, dan corona segera pergi," kata dia.

Hal yang sama juga dirasakan Ali Wehdi (32), warga Kamal, Bangkalan, yang berterima kasih kepada pemerintah kabupaten karena telah meniadakan aktivitas tes cepat antigen.


Tes cepat antigen di pos penyekatan membuat Ali semakin takut. Ia takut berakhir di pusat karantina karena dinyatakan reaktif.

"Padahal kita mau berangkat kerja pas dikarantina, sangat menggangu psikis pengendara," kata dia.

Saat ditanya apakah sudah memiliki SIKM, Ali mengaku telah mengurusnya. Ali berharap masyarakat Bangkalan memaksimalkan penggunaan SIKM.

"SIKM ini bagus, kita betul harus swab tapi di kecamatan, semoga saja hasilnya negatif, kalau positif Insya Allah isolasinya masih bisa dirembukkan, kita minta di rumah saja misalnya," kata dia.

Sementara itu, situasi posko penyekatan di sisi Surabaya berbeda. Terpantau tak ada aktivitas penyekatan dari petugas.

Hanya terlihat tenda yang berisi meja dan kursi. Warga yang melintas dari Madura ke Surabaya terlihat bebas tanpa dihentikan petugas yang memeriksa surat keterangan bebas Covid-19.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/23/160917878/pos-penyekatan-suramadu-sisi-bangkalan-ditiadakan-begini-kata-warga-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke