Salin Artikel

Kematian Pasien Covid-19 Membeludak, Pembuatan Peti Mati Dikebut 24 Jam Tanpa Henti

Jenazah pasien Covid-19 pun terpaksa antre dimakamkan karena sesuai protokol kesehatan wajib memakai peti.

"Ini kami membuat peti mati dadakan sesuai anjuran protokol kesehatan bagi jenazah Covid-19 muslim. Soalnya stok persediaan habis setelah banyak pasien corona meninggal. Hampir tiap hari ada yang meninggal akibat Covid-19. Kemarin saja enam orang, kemarinnya lagi 10 orang, tadi malam juga ada lagi lebih satu orang," ujar salah seorang petugas kamar mayat RSUD Soekardjo Tasikmalaya, Dona Dermawan, kepada wartawan di tempat kerjanya, Rabu (23/6/2021).

Dona menjelaskan, pembuatan peti mati dikebut 24 jam tanpa henti.

Ini karena mereka bertanggung jawab sampai ke proses pemakaman.

"Kami terus bekerja cepat, karena jenazah harus dimakamkan secara cepat dan aman sesuai protokol kesehatan dan tentunya secara agama juga," ucap dia.

Kematian meningkat

Dalam sepekan terakhir ini, jumlah kematian akibat Covid-19 meningkat drastis.

"Kalau sebelumnya itu paling satu atau dua orang kadang tidak ada. Tapi, sepekan ini jumlah kematian sangat banyak setiap harinya," ujar dia.


Meski demikian, tugas dan tanggung jawab harus dilakukan meski lembur selama 24 jam dengan beberapa orang pakai shif kerja.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, membenarkan jumlah kematian pasien Covid-19 meningkat dalam sepekan ini.

Bahkan, jumlah pasien yang meninggal dalam sehari mencapai 9 atau 10 pasien.

"Total dari awal bulan sampai hari ini sudah ada 67 pasien meninggal akibat Covid-19. Kami harap warga waspada dan meningkatkan protokol kesehatan secara benar. Kami pemerintah sedang berjibaku melakukan berbagai upaya supaya kondisi ini cepat berlalu," ucap Yusuf dia.

Sesuai data Gugus Tugas Covid-19 lewat publikasi Diskominfo Kota Tasikmalaya, hingga Rabu (23/6/2021), total data kasus aktif Covid-19 di Kota Tasikmalaya berjumlah 731 kasus.

Pada bulan sebelumnya, jumlah pasien aktif di Tasik tercatat di angka 150 kasus.

Hingga hari ini total pasien meninggal 186 orang dan bulan ini terjadi kenaikan yang drastis.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/23/121158078/kematian-pasien-covid-19-membeludak-pembuatan-peti-mati-dikebut-24-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke